Aktifitas Ekstrim dan Menantang Selama Liburan di Bali

Bali bukan hanya tujuan destinasi yang cocok untuk berlibur mencari spot spot menarik ataupun mempelajari kekayaan seni dan budaya Hindu yang unik. Tapi, Bali juga merupakan destinasi ideal untuk para daredevil petualang yang mencari tantangan yang ampuh untuk memacu adrenalin mereka. Jika kamu adalah salah satu yang mengaku adventurer sejati, kami telah mengumpulkan 10 Aktifitas Ekstrim dan Menantang Selama Liburan di Bali yang akan membuat liburan kamu tak terlupakan. Check it out!

Baca juga: 11 Keindahan Alam Tersembunyi di Bali

1. Paragliding di Timbis

Ingin menikmati sensasi melayang-layang di langit Pulau Dewata dengan ketinggian puluhan meter di atas laut? Rasa penasaranmu akan terjawab dengan mencoba paragliding alias paralayang.

Ada beberapa lokasi di mana kamu bisa menikmati serunya Paragliding, di antaranya Candidasa, Gunung Batur dan Timbis (yang mana menurut kami adalah paling seru karena anginnya yang bersahabat untuk paragliding). Tahan rasa takutmu, karena ada panorama spektakuler yang akan menantimu selama berparalayang di atas sana.

Nikmati pemandangan indah Candi Dasa Bali dari ketinggian dengan paragliding

Photo credit: australiangeographic.com.au

Rasa deg-degan pun seketika sirna saat kamu menemukan keindahan panorama alam Bali dari angle yang berbeda. Dari ketinggian ekstrem, kamu akan melihat kombinasi eksotis dari hamparan garis pantai pasir putih, deburan ombak Samudera Hindia, kemegahan bukit-bukit curam yang di selimuti pepohonan hijau, bahkan kompleks Pura Uluwatu yang indah pun tertangkap penuh pesona.

Nikmati panorama di sekitar Pantai Timbis dari angkasa

Photo credit: IG @ellchintya

Untuk waktu paling tepat melakukan paragliding adalah ketika matahari hendak mulai terbenam. Bukit Timbis seakan bertambah cantik dari ketinggian ketika di temani oleh sunset yang menghiasi latar belakang pantai yang berada di bawah. Jika kamu belum berani paragliding sendiri, jangan takut karena kamu bisa terbang tandem alias di temani dengan instruktur berpengalaman.

 

2. Flyboarding di Benoa

Satu lagi water sport unik yang akhir-akhir ini jadi primadona di Tanjung Benoa, yaitu Flyboarding. Olahraga ekstrem yang dipopulerkan oleh atlet jet ski dunia seperti Frank Zapata ini akan membuat kamu terbang layaknya seorang superhero Ironman dengan menggunakan papan khusus yang mengeluarkan tekanan air berkekuatan 200 pk yang akan membuatmu terbang di atas air. Ekstremnya lagi, papan tersebut dihubungkan oleh jet ski yang siap bermanuver.

Jika masih pemula, tentunya tidak mudah untuk berdiri di atas flyboard. Butuh konsetrasi untuk bisa menjaga keseimbangan tubuh saat menaikinya. Namun jika kamu berhasil, kamu bisa menikmati sensasi melayang-layang di ketinggian lebih dari 5 meter di atas permukaan laut. Selain itu foto kamu akan terlihat keren di Instagram. Pengen kan?

Menjaga keseimbangan di atas flyboard

Photo credit: @ruddy_dua_belas

Mau sedikit tantangan lagi? Gunakan flyboardmu untuk bermanuver dengan gerakan ekstrem, seperti melompat-lompat atau salto di udara. Tentu ini akan membuat adrenalin sedikit bergejolak. But, you should try it!

Frestyle Flyboard Benoa Bali

Photo credit: IG @ruddy_dua_belas

 

3. Canyoning di Gitgit

Jika kamu penjelajah alam sejati, wajib hukumnya bagimu untuk mencicipi pengalaman canyoning di Bali. Salah satu lokasi yang di kenal sebagai tempat canyoning di Bali adalah Gitgit. Di sini kamu bisa menjelajahi kontur tebing-tebingnya yang curam, tracking melalui lintasan penuh lumpur dan terjal, menyebrangi sungai berarus deras hanya dengan berbekal boat rafting bahkan melakukan flying fox di antara dua tebing.

Aksi turun tebing seperti ini selalu menjadi sesi paling menegangkan dalam aktivitas canyoning. Tapi, itu juga akan menjadi satu kesempatan untuk membuktikan nyalimu sebagai seorang petualang sejati.

Salah satu aktivitas di canyoning

Photo credit: IG @teddymanangka

Jika kamu siap dan kondisi memungkinkan, melompat langsung dari tebing air terjun dan mendarat indah di ngarai sungai yang jernih bisa jadi salah satu pengalaman adventure fantastismu selama di Bali.

Serunya menuruni air terrain gitgit dengan Canyoning

Photo credit: riftvalleyadventures.com

 

4. Rafting di Telaga Waja

Tidak ada yang lebih seru dari memanuver perahu karet di tengah derasnya arus sungai Telaga Waja sambil menikmati pemandangan hutan eksotik di kawasan Bali Timur. Adrenalinmu pun dijamin terpacu dengan kondisi medan sungai Telaga Waja yang berkategori level 4 ini. Jangan ragu untuk berteriak histeris dan berbasah kuyub ketika menerjuni dam air dengan ketinggian 5 meter. Permainan ekstrem ini sangat tepat bagi kamu yang ingin melepaskan stress dan penat dari rutinitas.

Seru rafting di Telaga Waja

Photo credit: IG @savinatiara

Selain medan rafting yang curam dan menegangkan, kamu juga bisa menikmati panorama alam Telaga Waja yang akan membuatmu takjub selama mengarungi derasnya arus sungainya. Coba lihat gambar di bawah ini. Indah sekali bukan?

Pesona alam saat rafting di Telaga Waja

Photo credit: IG @aast16

 

5. Jump Cliff & Slide di Air Terjun Aling Aling

Air Terjun Aling-aling menjadi destinasi wisata yang sedang naik daun di Bali Utara dengan menawarkan eksotisme panorama alam lengkap dengan tebing-tebing curam, air sebening kristal, dan rimbunnya pepohonan. Namun, siapa sangka dalam atmosfer alam yang begitu tenang seperti itu, kamu boleh mengadu  nyalimu dengan melompat atau pun berseluncur dari puncak tebing air terjun setinggi 12 meter menuju kolam yang ada di bawahnya.

Seorang pemuda terlihat melompat dari puncak Air Terjun Aling Aling

Photo credit: IG @nick.yuryev

Pernah terpikirkan untuk menjadikan lintasan air terjun layaknya sebuah perosotan? Coba rasakan sensasi seluncuran di Aling-aling seperti ini. Anti mainstream bro!

Bermain seluncuran di Aling aling waterfall

Photo credit: IG @ibhekti

 

6. Surf Rider di Surf and Turf Nusa Dua

Ada permainan baru dan unik nih di Nusa Dua, khususnya cocok untuk kamu yang sedang ingin belajar berselancar air alias surfing! Walaupun kamu tidak akan surfing di gulungan ombak yang besar layaknya di pantai Bali, kamu bisa merasakan sensasi yang tidak jauh berbeda di Surf and Turf Nusa Dua. Tenang aja, di sana ada instruktur berpengalaman yang siap memandu kamu cara berselancar yang benar.

Serunya Surf ride di Surf and Turf Nusa Dua

Photo credit: balibta.com

Meski tidak mengandalkan ombak, tetapi medan slides yang ditawarkan juga cukup menantang, terutama bagi kamu yang ingin mengabadikan momen dengan  melakukan atraksi dan bermanuver dengan papan selancar. Hati hati tapi bukannya kelihatan keren di Instagram, malah malah kamu terjatuh dengan suksesnya!

Serunya Surf ride di Surf and Turf Nusa Dua

Photo credit: balibta.com

 

7. Wake Boarding di Benoa

Jika main skateboard dan surfing sudah terlalu mainstream, bagaimana kalau mencicipi permainan wake boarding yang ditawarkan di Tanjung Benoa? Salah satu jenis watersport yang lagi hits ini menggabungkan sensasi bermain skateboard dan surfing di laut. Kamu akan berdiri di atas papan wake board sambil memegang seutas tali yang dikaitkan pada sebuah speedboad yang akan melaju dengan kecepatan rata-rata 25 km/jam. Sensasinya mampu bikin kamu ketagihan.

Bermain Wakeboard di Benoa Bali

Photo credit: baliwakepark.com

Ada pula jasa watersport di Bali yang menawarkan pengalaman baru dalam wakeboarding, yakni dengang menggunakan cable system. Kabel terpasang di sebuah tower yang nantinya akan menarik kamu bersama wake board, tidak perlu lagi jet ski. Sistem ini memungkinkan kita untuk bermain wakeboarding kapan pun dan tidak bergantung pada cuaca maupun ombak. Kedengarannya menarik ya?

Bermain Wakeboard di Benoa Bali

Photo credit: baliwakepark.com

 

8. Water Tubing di Payangan

Olahraga ekstrem yang satu ini mirip dengan rafting. Bedanya, jika dalam satu kapal rafting bisa diisi oleh 3 sampai 5 orang, ban untuk water tubing hanya muat untuk satu orang (maksimal 2 orang). Bayangkan seorang diri harus melalui terjalnya medan sungai berarus ekstrem. Padahal saat rafting, kamu masih punya teman untuk bisa diajak teriak-teriak histeris bareng, bahkan seorang instruktur yang menemani kamu dalam satu boat.

Rasakan serunya sensasi tubing di Sungai Payangan

Photo credit: balicanyontubing.com

Menariknya, medan-medan yang akan kalian temui di sepanjang sungai Payangan ini sangatlah indah dan asri menyerupai lintasan luncur alam dan beberapanya hampir sempit untuk dilalui. Arus sungai yang deras juga seringkali ampuh membuat jantung berdegup lebih cepat. Siapkan suara kalian untuk berteriak sekencang-kencangnya.

Selama Canyon Tubing, peserta akan di suguhi pemandangan indah

Photo credit: balicanyontubing.com

 

9. ATV Ride di Ubud

Apabila menonton pertunjukan seni atau mampir ke galeri lukisan di Ubud sudah terdengar lumrah, bagaimana kalau berkendara ATV di lintasan alam Ubud yang terjal, berlubang dan terkadang penuh lumpur? Dengan sensasi off-road, kamu diajak berpetualang menggunakan kendaraan mirip sepeda motor beroda empat untuk menelusuri keindahan Desa Taro, Ubud! Jangan lupa bawa baju ganti, karena kamu akan banyak melewati medan berlumpur yang tak terduga. Siap-siap berkotor ria dan have fun!

Permainan ekstrem ATV Ride di Ubud

(Photo credit: IG @emily_wes)

Sekalipun melalui medan yang ekstrem, selalu saja ada spot alam asri yang kita jumpai di Ubud, di mana langsung membuat kita lupa kalau sedang ber-ATV Ride.

Nikmati pemandangan indah di sekitar ubud dengan off road menggunakan ATV

Photo credit: infotourbali.com

 

10. Diving in Manta Point

Salah satu spot terbaik diving di Bali berada di Pulau Nusa Penida, tepatnya di Manta Point. Titik diving ini menjadi sangat menarik lantaran ditemukan banyak ikan pari manta yang berenang-renang di sekitar perairan ini sepanjang tahun. Pari Manta merupakan jenis ikan yang sangat bersahabat dengan para penyelam. Mereka sangat senang ketika gelembung-gelembung air yang berasal dari selang pernapasan penyelam itu mengelitik perut mereka.

Diving di Manta Point

Photo credit: IG @findmomomo

Selain itu, spot ini juga kaya akan plankton dan apabila kamu beruntung, kamu juga bisa melihat ikan Mola-mola raksasa yang bisa mencapai besar 5 meter di perairan ini juga! Ikan mola mola juga sangat bersahabat dan mereka senang naik ke permukaan laut untuk berjemur sinar matahari.

Seekor Mola mola bisa mencapai diameter 5 meter

Photo credit: IG @nusabali

 

Sudah Merasa Tertantang Untuk Mencoba?

Bagi kalian yang ingin merasakan pengalaman liburan berbeda selama di Bali, tak ada salahnya untuk mencoba 10 aktivitas ekstrim di atas. Apabila kalian juga mengetahui info aktivitas ekstrem seru yang belum kami masukan ke dalam daftar 10 Aktifitas Ekstrim dan Menantang Selama Liburan di Bali, kalian bisa meninggalkan komentar dan rekomendasi kalian di bawah ini!

Baca juga: 20 Alasan Bali Adalah Tujuan Liburan Terbaik

Follow Facebook kita yah!

Bagaimana Menurutmu?

1 Komentar

  • sayang di Bali belum ada olahraga ekstrim kaya zipline gitu yaa?
    tapi sih ane demen banget diving sama bungee jumping tuh hhehee

Tinggalkan komentar