10

Coffee Shop Terbaik di Bali

Last Updated: 25 Oktober 2019

Hi Sobat Elbeh! Suka bingung nyari tempat nongkrong atau ngerjain tugas? Tenang, kali ini team LiburanBali bakal kasih kamu pilihan Coffee Shop Terbaik di Bali buat kalian kunjungi hari ini.

Sekedar info aja nih, saya suka banget sama yang nama-nya kopi, dan saya sih uda cobain hampir seluruh toko kopi yang ada di Bali. Mulai dari warung pinggir jalan, sampai cafe instagramable yang menyajikan kopi.

Nah, list coffee shop yang akan saya kasi ke kalian ini adalah list toko kopi favorit saya pribadi. Kebanyakan sih saya pilih karena emang kopi-nya enak atau tempatnya juga asik (dan yang paling penting harganya masih ramah di kantong).. Hehehehe..

Oke tanpa basa-basi, yuk kita langsung bahas aja Coffee Shop Terbaik di Bali!

Fun Fact: Roda Rasa Kopi

Roda Rasa Kopi

Tau-kah kamu kalau Rasa biji kopi di Indonesia itu ada baaaanyaaaak banget? Coba lihat Roda Rasa Kopi milik Seniman kopi di atas. Kaget gak Sobat?

Info lengkap bisa kamu cek di Roda Rasa Seniman Coffee.

1

Mannaka Bali

Sudah pernah ke Seminyak? Udah pernah dong ngorder kopi di Cafe sekitaran Seminyak? Lumayan nguras kantong ya kan?

Nah, buat yang low-on-budget tapi tetep mau nyeruput secangkir cappucino panas di pagi hari bisa coba deh mampir ke coffee shop kecil yang satu ini: Mannaka Bali.

Mannaka Bali ini bener-bener ngingetin saya dengan kenangan ngopi di kedai-kedai kopi di Jepang.

Kog bisa?

Mannaka Bali: Coffee Shop di Bali dengan Desain Jepang
Photo credit: IG @mannaka.bali
Mannaka Bali: Coffee Shop di Bali dengan Desain Jepang
Photo credit: IG @sazhabusha

Yups, layaknya coffee shop di Jepang, Mannaka Bali ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Namun kamu bakal ngerasa kalau toko kopi ini memiliki karakter yang kuat dari segi desain. Minimal tapi memorable.

Gak heran sih kalau banyak orang mendatangi Mannaka ini khusus untuk ngambil foto Instagram. Make sure kalian datang agak pagi, karena space disini tidak terlalu besar.

Eh tapi sembari foto, jangan lupa nyobain Matchapresso-nya. Campuran rasa pahit antara espresso dan matcha-nya enak banget di lidah.

Mannaka Bali

Lokasi: Jl. Petitenget No.19C Kerobokan Kelod, Seminyak – Bali
Buka: Setiap Hari, 08:00 – 18:00

2

Hanaka Coffee

Hanaka Coffee: Coffee Shop di Denpasar Bali Minimalis Modern
Photo credit: IG @hanakacoffee

Walaupun namanya sekilas mirip dengan coffee shop sebelumnya, namun keduanya tidak memiliki hubungan keluarga apalagi hubungan terlarang #ehhh…

Back to topic, kalau kamu mencari tempat nongkrong di daerah Denpasar buat nongkrong bareng temen-temen atau sekedar minjem wifi buat kerja… mungkin kamu bisa sekali-kali nyoba ke Hanaka Coffee.

Photo credit: IG @tanialitadevi
Hanaka Coffee: Coffee Shop di Denpasar Bali Minimalis Modern
Photo credit: IG @hanakacoffee

Sama seperti Mannaka, Hanaka ini tempatnya juga tidak terlalu besar, namun memiliki desain interior minimalis yang cukup menarik.

Balutan tembok semen bertemu dengan tile keramik putih dan furniture kayu seakan membuat kedai kopi ini terasa bersih. Belum lagi pencahayaan-nya cukup terang, sehingga enak buat dipakai sembari kerja.

Namun masalah-nya, karena cukup ramai, kadang kamu akan berasa seperti dapat lirikan pedas dari customer yang tidak kebagian tempat duduk. Hehehehe…

Selain jadi tempat ngopi di Denpasar, Hanaka juga memiliki toko distro loh, jadi hati-hati dengan dompet nih, walaupun harga kopi-nya cukup murah.. Kamu bisa tergiur buat belanja baju disana!

Hanaka Coffee

Lokasi: Jl. Pulau Komodo, Denpasar – Bali
Buka: Setiap Hari, 09.00 – 23.00

3

Starbucks Reserve Dewata

Whattt?? Starbucks? Becanda nih pasti.. Starbucks mah bukan kopi beneran!” – pasti beberapa dari Sobat Elbeh bakal komen gini dalam hati..

Eits.. tunggu dulu bosque, Starbucks tampil beda nih dengan merek Reserve mereka. Basically, Starbucks Reserve itu adalah mereka premium dari Starbucks. Biji kopi yang digunakan oleh mereka disini berbeda. Selain itu, di setiap gerai Reserve, mereka juga mengedukasi para pengunjung tentang biji kopi loh.

Contohnya di Starbucks Reserve Dewata sendiri, kamu bakal bisa lebih mengerti tentang kopi melalui berbagai media edukasi mereka. Mulai dari kebun kopi yang buat di area taman belakang, sampai dengan media visual tentang pengolahan biji kopi. Lengkap pokoknya.

Starbucks Reserve Dewata: Coffee Shop di Bali dengan Desain Mewah
Photo credit: IG @dhiptadi
Starbucks Reserve Dewata: Coffee Shop di Bali dengan Desain Mewah
Photo credit: IG @celistchow

Satu hal yang paling WAH dari tempat ngopi di bali yang super megah ini adalah desain-nya. Setiap detail interior bener-bener didesain dengan menggunakan filosofi tentang kopi. Namun arsitektur yang dihasilkan begitu indah buat dipandang.. Tsahhhh…

Harga? Yaaa.. you know lah standard Starbucks, pasti lebih mahal dibanding toko kopi biasa. Hehehehe.. Tapi buat tempat nongkrong bareng temen, worth it lah.

Starbucks Reserve Dewata

Lokasi: Jl. Sunset Road No.77, Seminyak – Bali
Buka: Setiap Hari, 08:00 – 23:00

4

Recolta Cafe

Recolta Cafe: Coffee Shop di Jimbaran Bali
Photo credit: IG @recolta.bali

Untuk Sobat Elbeh yang lagi nyari coffee shop di daerah Jimbaran, ada nih satu toko kopi dengan design yang cukup elegant dan tidak jauh dari Kampus Unud maupun Airport. Namanya Recolta Cafe.

Tempatnya super cozy, agak remang-remang dan interiornya juga terkesan mewah. Hmmm.. sepertinya sih cocok banget buat kamu yang berencana ngajak si doi nge-date atau mungkin buat meeting sama calon prospek client. Hehehehe…

Recolta Cafe: Coffee Shop di Jimbaran
Photo credit: IG @recolta.bali
Photo credit: IG @chielouge

Nah, yang keren di Recolta menurut saya sih desain kaca di belakang Cafe yang langsung menghadap ke arah hutan bakau (Mangroove).

Jujur, ini salah satu daya tarik dari desain Recolta sendiri. Ini tuh Instagram spot yang bakal bikin engagement mu naik. Hahahaha…

Selain menjual kopi, disini kamu juga bisa order berbagai makanan berat seperti burger, ataupun desert seperti Gelato. Cukup komplit sih yah pilihan-nya.

Recolta Cafe

Lokasi: Jl. By Pass Ngurah Rai No.33 – 34, Tuban – Bali
Buka: Setiap Hari, 08:30 – 21:30

5

Full Circle by Expat Roasters

Full Circle by Expat Roasters Ubud: Brunch di Bali Terbaik di 2019
Photo credit: @silvianjoki

Coba saya tebak, kalau kamu sudah beberapa kali ngopi di Bali.. pasti sudah gak asing yah dengan nama Expat Roasters. Selain memang buka sendiri, ternyata biji kopi Expat ini banyak banget dipakai dengan toko kopi ataupun cafe dan restaurant di daerah pariwisata loh.

Yah, gak heran sih.. Barista-nya Expat aja uda jadi juara kompetisi Internasional loh. Nah, kalau mau tau kopi enak boleh cobain kopi mereka.

Nah, baru-baru ini mereka buka cafe baru di Ubud dengan konsep yang identik dengan alam Ubud. Nama-nya Full Circle by Expat Roasters.

Full-Circle by Expat Roasters: Coffee Shop di Ubud Bali
Photo credit: IG @mrvahn
Full Circle by Expat Roasters Ubud: Brunch di Bali Terbaik di 2019
Photo credit: @roulineee

Interior khas cafe industrial dikombinasi dengan beberapa element kayu dan mural bertema hutan, bakal bikin kunjungan-mu di cafe ini terasa nyaman deh.

Setiap sudut cafe di desain berbeda-beda, mulai dari booth tempat duduk yang cocok buat kumpul bareng teman-teman, sampai tempat duduk seperti tangga bioskop-pun ada.

Cuma perlu diinget aja, karena punya title yang berderet dan biji kopi yang unik, maka kamu bakal harus merogoh kocek lebih dalam untuk secangkir kopi di Full Circle.

Full Circle, a concept by Expat. Roasters

Lokasi: Jl. Jatayu, Ubud – Bali
Buka: Setiap Hari, 07:00 – 22:00

6

Seniman Coffee

Seniman Coffee - Toko Kopi di Ubud Bali
Photo credit: IG @heedeyuki

Pengen nyari tempat ngopi dengan konsep yang unik dan kreatif? Tapi kopinya juga harus sedepp? Ada nih masih di daerah Ubud juga, namanya Seniman Coffee.

Seniman Coffee ini pemain lama di dunia per-kopian di Bali (maupun di mancanegara loh). Bahkan, Seniman ini dianggap dedengkot penghasil barista-barista terbaik di Bali. 

Yang seru adalah ketika kamu menginjakan kaki ke dalam coffee shop yang berada di Jl Sri Wedari (gang kecil di Ubud yang sekarang menjadi pusat kuliner terbaik di Ubud). 

Seniman Coffee - Toko Kopi di Ubud Bali
Photo credit: IG @ardyandika
Seniman Coffee - Toko Kopi di Ubud Bali
Photo credit: IG @cynthiacimin

Kamu akan mendapati coffee shop ini berasa lebih seperti rumah. Barista bakal menyapa ramah, tamu-tamu walaupun gak saling kenal bakal ngobrol membahas tentang kopi ataupun liburan mereka.

Dan yang bikin cafe ini terkenal (selain kopi), adalah kursi goyang mereka yang unik. Terbuat dari kursi plastik yang murah meriah, kaki dari kursi diberikan tambahan kayu melengkung. Unik banget dan nyaman! Gak heran yah namanya Seniman Coffee, furniture-nya aja SENI banget.

Dari segi harga juga agak mahal sih dibanding toko kopi lainnya. Dan yang paling nyebelin adalah tempat parkir yang sangat terbatas. Jangan harap dapat parkir kalau kamu naik mobil yah.

Seniman Coffee Studio

Lokasi: Jl. Sri Wedari No.5, Ubud – Bali
Buka: Setiap Hari, 07:30 – 22:00

7

Revive Cafe

Revive Cafe: Coffee Shop di Ubud Bali
Photo credit: IG @revivebali

Kalau kamu suka dengan cita rasa kopi yang strong untuk membuat kamu melek saat bekerja seharian di coffee shop, coba deh mampir ke Revive Bali.

Dengan desain bergaya rustic tropical dan susunan mural dari tile keramik di meja bar membuat feel di coffee shop ini terasa hippie banget.

Revive Cafe: Coffee Shop di Ubud Bali
Photo credit: IG @mrvahn
Revive Cafe: Coffee Shop di Ubud Bali
Photo credit: IG @she_travelstheglobe

Kopi yang dipakai disini berasal dari hasil roastingan Revolver Espresso. Menurut saya, Revolver Espresso ini kelasnya sederajat lah dengan Expat Roasters, jadi kamu tidak perlu meragukan lagi kualitasnya, ya kan?

Selain cocok jadi tempat kerja sambil ngopi, Revive Bali juga terkenal dengan menu brunch dan vegan nya loh.

Revive Cafe

Lokasi: Jl. Penestanan, Ubud – Bali
Buka: Kamis – Selasa, 07:30 – 16:00

8

Karakter Kopi

Kalau daritadi saya merekomendasikan Coffee Shop dengan desain minimalis ataupun modern, sekarang saya mau kasi satu toko kopi di Bali dengan desain Nusantara yang jadul. Hehehehe…

Karakter Kopi yang ada di daerah Renon, Denpasar ini dibangun diatas sebuah rumah Joglo tua, dengan furniture vintage dari jaman kakek nenek kita. Walaupun terkesan lawas, malah ini yang menjadi ciri khas dari Karakter Kopi sendiri.

Karakter Kopi: Coffee Shop di Denpasar Bali
Photo credit: IG @karakterkopi

Sesuai lokasi dan konsep, Karakter Kopi memiliki harga yang bener-bener bersahabat sama kantong nih. Bahkan mereka memiliki satu kopi andalan yang diberi nama Kopi Tanggal Tua!

Jadi walaupun dompet sudah kanker (kantong kering) di akhir bulan, kamu tidak punya alasan untuk tidak bisa ngopi karena harganya cukup murah!

Karakter Kopi

Lokasi: Jl. Tukad Barito No.99, Renon – Bali
Buka: Setiap Hari, 16:00 – 00:00

9

The Bare Bottle Kuta

Photo credit: IG @nadhilaqnta

Oke, skenarionya adalah kamu sedang menunggu sunset di Pantai Kuta, tapi jam-nya masih nanggung banget. Apa yang kamu lakukan?

Kamu bisa jalan-jalan keliling disekitar Kuta Square!

Nah, ketika kamu berjalan di Kuta Square, saya yakin kamu bakal berhenti di depan sebuah cafe kecil namun sangat well-designed.

Dari luar saja sudah eye catching, ingin rasa-nya pasti menghabiskan waktu di cafe kecil ini. Nama-nya The Bare Bottle.

The Bare Bottle: Coffee Shop di Bali dekat Pantai Kuta
Photo credit: IG @ioorstudio
The Bare Bottle: Coffee Shop di Bali dekat Pantai Kuta
Photo credit: IG @ioorstudio

Sesampai di dalam, kamu bisa duduk di bangku ala ayunan sambil menikmati desain interior yang simple namun nyentrik.

Tapi yang membuat saya sangat terkesan dengan The Bare Bottle adalah kopi-nya.

Saya sudah sering menikmati kopi di Melbourne (raja-nya kopi). Boleh dibilang kualitas kopi disini setara dengan beberapa toko kopi terbaik di Melbourne loh! Definitely one of the best in Bali juga.

The Bare Bottle Kuta

Lokasi:  Jl. Raya Kuta, Bali
Buka: Setiap Hari, 08:00 – 22:00

10

Hungry Bird Coffee Roaster

Hungry Bird: Coffee Shop di Canggu - Bali
Photo credit: IG @jasonpresley

Last but definitely not least nih, personal favourite saya.. Hungry Bird

Menurut saya kopi dari Hungry Bird ini salah satu yang terbaik di Bali. Gak heran lah kalau dia dapet predikat no 1 coffee shop in Canggu.

Hungry Bird: Coffee Shop di Canggu - Bali
Photo credit: IG @ib.nugraha
Hungry Bird: Coffee Shop di Canggu - Bali
Photo credit: IG @ib.nugraha

Selain itu team dari Hungry Bird sendiri bisa dibilang gak ada yang absen gelar loh. Mulai dari pemiliknya, roasternya, sampai dengan baristanya! Masing-masing pernah juara dalam bidang mereka masing-masing.

Nah, untuk kamu yang demen posting foto latte art di Instagram, kamu musti deh mampir ke Hungry Bird.

Latte art disini juara banget, kamu bisa rikues mau dibikinin gambar apa aja. Pasti bisa deh, maklum barista nya juara 3 kompetisi Latte Art se-indonesia loh. Hehehehe…

Hungry Bird

Lokasi: Jalan Raya Semat (Jl Perancak) No.86, Canggu – Bali
Buka: Senin – Sabtu, 08:00 – 17:00

Ok, itu rekomendasi top 10 Coffee Shop di Bali versi saya dan LiburanBali.

Sekarang saya pengen tau, kalau kamu paling seneng ngopi dimana sih kalau lagi ke Bali? Atau buat yang tinggal di Bali, mana nih toko kopi jagoan kalian? Dan kenapa?

Komen di kolom komentar dibawah yah, bakal saya cobain dan kalo bener enak kopinya.. Bakal saya masukin ke artikel ini.

Salam kopi!