20

Coworking Space di Bali

Paling Seru Buat Kerja Freelance dan Kolaborasi

Last Updated: 10 Juli 2020

Hi Sobat Elbeh! 

Sebagai sesama anak millenial yang gak suka kerja di kantoran dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, mimin tau banget kalau banyak dari kamu suka kerja ‘mobile’, bener gak?

Tapi kadang mikir juga, kalau tiap hari kerja di coffee shop bisa-bisa lebih besar pasak daripada tiang. Alias rugi bandar Sob!

Nah, gak heran kalau sekarang ada banyak banget Coworking Space di Bali mulai bermunculan nih.

Kalau mimin sih seneng kerja di Coworking karena beberapa hal:

  • Biasanya internet-nya jauh lebih kenceng dari pada di rumah atau cafe
  • Bisa ketemu banyak temen baru yang ‘nyambung’ buat di ajak kerjasama
  • Sering ada seminar yang bikin mimin lebih open-minded dan ide baru bermunculan

Karena sering keliling Coworking Space, hari ini mimin mau bagiin 20 Coworking Space Terbaik di Bali. Yuks langsung aja kita bahas:

Baca juga:
26 Cafe Instagramable di Bali untuk Hasil Photo Liburan yang Cantik

Part 1:

Coworking Space Favorit Elbeh

1

Hubud

Ini dia salah satu pelopor gaya hidup Digital Nomad di Bali. Dengan lokasi yang sangat strategis, yaitu di jantung kota Ubud, tepatnya persis di seberang Monkey Forest, Hubud menjadi pilihan kebanyakan expat di Ubud.

Nih yang bikin unik di Hubud:

Biasanya kalau coworking kebanyakan full indoor dikelilingi tembok dan kaca kan? Nah, Hubud ini arsitekturnya dari bambu dengan konsep semi outdoor PLUS pemandangan sawah (yang kadang hijau kadang kuning.. hehehehe…)

Hubud Bali - Seminar
Image Courtesy: Coworker.com
Hubud-Coworking-Space-Bali
Image Courtesy: Viue.com

Tapi yang bikin mimin seneng banget sama Hubud adalah komunitas orang-orang yang ‘ngantor’ disini. Selain pada friendly-friendly semua, banyak banget yang mau bantuin kita kalau lagi ‘buntu’ kerjaan. Oh dan wifi-nya kenceng Sob!

Kalau kamu ada rencana pindah ke Bali dan tinggal di Ubud, boleh nih sering-sering mampir ke Hubud. Mereka sering banget ngadain seminar dan workshop seputar technology loh. Pokoknya Digital banget dah!

Harga Daily Pass-nya mulai dari Rp. 220.000 per hari dan paket termahal-nya (tanpa batasan jam) Rp. 2.9 juta.

2

Dojo Bali Coworking

Next, ini salah satu Coworking Space paling hits di Canggu. Bagaimana engga, mereka punya cafe dan kolam renang sendiri loh.

Selain itu, internet di Dojo ini salah satu yang menurut mimin paling bisa diandalkan. Speed-nya kenceng dan jarang banget bermasalah. Dan, event di Dojo itu ada banyak banget. Hampir tiap hari ada aja event seru.. Mulai dari kelas yang ngajarin skill baru sampai dengan acara gathering sesama member (contohnya BBQ bareng).

Oh ya, sama seperti di Hubud.. Orang orang yang kerja disini kebanyakan bule-bule expat tapi bener-bener friendly deh. Berasa seperti keluarga.

Dojo-Coliving
Image Courtesy: Dojo Bali
Image Courtesy: Workfrom.co

Beberapa waktu yang lalu Dojo dan Hubud ini kerjasama loh Sob. Jadi kalau kamu daftar jadi member di Dojo, kamu bisa menggunakan fasilitas Hubud juga. Hmm.. bisa dibilang jadi kamu punya kantor di Ubud dan Canggu sekaligus.

Dari segi harga, Dojo dan Hubud sama persis sih Sob. Mungkin karena ada sistem kerja sama yang mimin tadi ceritain.

Eh, mereka juga katanya ada kos-kosan elit loh. Bahasa kerennya Co-Living. Agak mahal sih untuk tinggal sebenernya, karena harganya sampai di atas 10 juta per bulan. Tapi kamu dapet free unlimited akses ke Dojo. Seru kan?

3

Outpost Bali Coworking

Gak heran sih kalau Outpost ini dapat penghargaan the best Coworking Space in Bali (dan Kamboja) oleh Coworker.com. Selain fasilitasnya sama lengkap dengan 2 saingan diatas, Outpost punya cabang paling banyak di Bali loh. Sampai saat ini, mereka punya 3 lokasi yaitu dua di Ubud dan satu di Canggu.

Jujur aja mimin baru nyobain yang di Canggu aja. Bentuknya sih hampir mirip dengan kantor ala-ala startup luar negeri gitu yah. Dengan konsep open plan, jadinya lumayan asik buat kerja sambil networking.

Outpost-Canggu-Coworking-Space

Untuk pilihan tempat kerja-nya pun bervariasi. Mulai dari indoor yang AC nya adem bener, sampai area quite area yang didesain khusus buat kamu yang ingin kerja tanpa gangguan.

Ada cafe kecil juga yang siap menghidangkan secangkir kopi dan snack dikala lapar menghadang.

Panas dan gerah? Mereka juga punya kolam renang seperti di Dojo. No worries!

Nah, dari segi harga, Outpost ini sedikit lebih ramah di kantong dibandingkan Hubud dan Dojo. Harga mereka mulai dari Rp. 220.000 juga untuk daily pass, namun untuk bulanannya Rp 2,7 juta. Selisih sedikit yah.

4

Kinship Studio Bali

Mimin ngerasa Kinship Studio ini konsep-nya dibuat ala-ala kayak studio di Melbourne (mimin sempet tinggal di Melbourne untuk sekolah dulu #sombong).

Kapan hari sempet ngobrol ama staff disini, ternyata bangunan ini dulunya bekas pabrik garment Sob. Owner sendiri ngebangun ini karena ngalamin kesulitan menemukan Coworking yang pas untuk mobilitas kerjanya selama 3 tahun tinggal di Bali.

Kinship Studio ini cocok untuk kamu yang juga ingin mencari komunitas creative di Bali, karena disediakan beberapa fasilitas seperti studio foto, ruang pameran dan juga ruangan luas terbuka atau istilah kerennya Communal Space

Image Courtesy: IG @cameron.fous
Image Courtesy: IG @kinshipstudiobali

Kalau kamu aktif di komunitas-nya, jangan lupa catat calendar event workshop yang sering mereka adakan. Nambah ilmu dan nambah temen kan jadinya!

Harga daily pass disini adalah Rp. 220.000,- bisa kamu gunakan dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam, Sob. Kalau bulanan sih, di harga Rp. 2 Juta. Kamu juga bisa kog ambil paket studio lepasan sesuai kebutuhan kamu.

Part 2:

Coworking Space di Seminyak

5

G88 Coworking Space

Hidup kamu bisa balance banget kalo kerja di G88, Coworking ini sebelahan ama pusat kebugaran De Gym (pas di sebelah ruang kerja kamu)! Biaya tapi terpisah yah Sob!

Mimin pernah nyoba sekali aja sih kerja di G88. Disini tersedia ruang kerja bersama yang harganya lebih terjangkau mulai dari 100Ribu per hari atau Rp. 1.750.000,- untuk bulanan. Gak usah khawatir gak kebagian tempat karena tempat kerja-nya luas banget plus internet-nya super kenceng!

G88 Coworking Space Bali
Image Courtesy: Ben Hutabarat

Nah hacks buat kamu, tiap jam 4 pas kita lagi super ngantuk, mereka menyediakan kopi atau teh dan juga roti panggang GRATIS! Plus biasanya mereka juga bikin live music atau DJ Performance di Rooftop.

Seru banget untuk networking kan?

Part 3:

Coworking Space di Canggu

6

Connco Work Hub

Melipir dari area Seminyak, Connco Work Hub ini berlokasi di Pantai Batu Bolong, Canggu. Enaknya kalo kerja disini, kita bisa ada alasan untuk sunset-an di Pantai sebelum balik ke rumah. Cuman 5 menit jalan kaki kog, Sob!

Fasilitas di Connco hampir sama dan beda tipis dengan Coworking lainnya. Tapi yang bikin mimin seneng, disini ada ruangan meeting khusus kedap suara buat kamu yang pengen Conference Call Meeting tanpa ada gangguan. Plus internet-nya super kenceng, jadi gak bakalan malu karena buffering ama klien.

Connco-Work-Hub

Kalo males jalan kaki ke pantai, ya udah kamu nyemplung berenang aja Sob. Kolam renang tapi hanya bisa digunakan hingga jam 4 sore sih, mungkin biar gak ganggu tetangga kali yah?

Harga daily pass Connco sih Rp. 180.000,- mulai dari jam 6 pagi sampe tengah malam. Saran mimin, ambil bulanan aja kalo kamu emang mobilitas di area sana. Soalnya bulanan lebih murah di harga mulai dari Ro. 700.000,- hingga 3 Juta doang, Sob.

7

Finns Recreation Club

Kalo kamu bilang Finns cuman buat nongkrong cantik dan dugem aja, kamu salah besar deh Sob!

Ternyata Finns Recreation Club juga memiliki Coworking space yang menurut mimin super LUX banget.

Kenapa gitu?

Mimin sempet shock pas tau kalau harga daily pass di Finns Rec Club ini mulai dari Rp. 600.000,- per orang. 

Emang sih dengan harga segitu kamu bisa menikmati seluruh fasilitas brand Finns seperti Finns Beach Club, Splash Waterpark, Fitness Centre, Cardio Room, Sports Bar, dan masih banyak lainnya.

Tapi itu semua bisa dilakukan di hari yang sama aja, jadi kalo mo cuan maksimal kudu pinter manage waktu yah heheh… 

Oh ya, Coworking udah dibuka mulai dari jam 7 pagi hingga 10 malem

8

District Canggu

Sob, kalau mo kerja sambil ada pemandangan sawah sih gak usah jauh ke Ubud. Mimin kemarin udah cobain District yang lokasinya di Canggu.

Sebenernya sih ini lebih ke Cafe yah Sob, karena gak banyak juga fasilitas Coworking seperti Meeting Room. Cuman meja-meja panjang plus juga semi-outdoor, AC alam gitu sob hehehehe..

Tapi tenang aja… WIFI disini kenceng banget!

District Canggu
Image Courtesy: wanderintwo.com

Mimin sih suka nongkrong-nya di halaman belakang, ada gazebo di taman gitu, kan seru kerja sambil nungguin sunset. Cuman kadang kalo Bali lagi panas jahanam sih mimin milih di dalam hahaha..

Untuk harga, mulai dari Rp. 44 ribu,- yah. Ini itungan-nya per jam, Sob. Kalau kamu mo unlimited dan gak diganggu sih langsung bayar Rp. 110 ribu per hari. Mereka punya paket mingguan ama bulanan, mulai dari harga Rp. 495 ribu dan kalo kamu bawa E-KTP bisa dapat diskon 50%.

9

Tropical Nomad

Tropical Nomad selalu disebut-sebut sebagai salah satu Coworking terbaik di Canggu. Mimin rasa karena dari segi pelayanan mereka yang memberikan FREE makanan dan minuman, plus ijin membawa makanan atau minuman dari luar.

Tapi.. sebenernya gak cuman itu aja sih. Pas mimin coba kerja remote disini, mimin ngerasa produktif banget. Karena disini mimin sewa Quiet Room di lantai 2 dengan pemandangan sawah dan juga pohon Palem. Alat tulis pun udah disediakan, ada lemari es untuk menyimpan minuman dingin, plus kursi kantornya nyaman dipake untuk kerja 6 jam!

Kalo kamu baru pertama kali kesini, kamu akan dikenakan harga Trial yaitu Rp. 120.000,-. Begitu kamu cocok, selanjutnya dikenakan Rp. 180.000,- per hari yah Sob! Mereka udah ada juga paket membership untuk harian, mingguan hingga unlimited yang bisa kamu ambil sesuai kebutuhan kamu.

Saran mimin, ambil unlimited aja lah kalo mobilitas kamu emang di seputaran Seminyak dan Canggu.

Part 4:

Coworking Space di Legian

10

Biliq Coworking Space

Dari pengalaman pribadi mimin ke Biliq, Coworking satu ini seperti “rumah” dengan hospitality yang super dari pemiliknya. Makanya gak heran kalo Biliq kemarin mendapat penghargaan sebagai Best Coworking Space 2019.

Lokasinya juga pas di tengah area hingar bingar padatnya Bali. Gak hanya internet yang cepat yang jadi favorit mimin, spot bekerja dengan celupin kaki di kolam renang mini plus kesempatan bobo siang di area tatami jadi pelipur lara dengan banyaknya deadline.

Kalau ngomongin harga, mimin rasa masi cengli yah Sob. Disini itungannya Rp. 500,- per menit atau Rp. 30.000,- per jam. Buat yang punya KTP / KITAS, kamu bisa minta diskon untuk paket mingguan atau bulanan. Heheheh…

Biliq juga memiliki akomodasi apabila kamu masi bingung cari kos, namanya Biliq Co-Living. Kalo udah nginep di Co-Living sih, kamu bebas punya akses ke Coworking. Harga menginap per malam dibandrol Rp. 350.000,-

11

Hub Bali Coworking

Lanjut nih Coworking space yang bangunan-nya mirip banget ama hotel, Hub Bali Legian. Gak cuman sebagai tempat untuk kamu bisa ketemu para pekerja creative, Hub Bali Legian juga memiliki fasilitas Co-living ala apartment Sob.

Di Hub Bali Legian udah tersedia beberapa keperluan kamu “ngantor” seperti mesin printer, scanner dan juga ruangan private untuk kamu bisa conference call. Ruang kerja disini juga gak kerasa sempit karena dikelilingi oleh kaca sehingga terkesan luas.

Harga daily pass di Hub Bali adalah RP. 100.000,- (ini udah termasuk breakfast loh, Sob!). Gak cuman itu aja, tiap hari Jumat biasanya Hub Bali memfasilitasi Free Buffet untuk Dinner kamu. Gak cuman makan gratis, ini adalah kesempatan kamu untuk networking dan kenalan dengan yang lain. Sapa tau jodoh kan?!

Kalo masi galau, Hub Bali pun ngasi kamu kesempatan FREE TRIAL untuk cobain Communal Space.

12

Kumpul Coworking Space

Enaknya kerja freelance atau remote di jaman now tuh kita bisa sekalian ketemu temen baru dan mungkin malahan bisa nambah ilmu. Kumpul Kembali ini salah satu Coworking yang suka banget ngadain seminar gratis, Sob. Bahkan perusahaan seperti Google dan Facebook Indonesia suka ngadain kegiatan disini!

Tempatnya emang luas banget dan nyaman. Menurut mimin sih harga daily pass disini gak mahal, mulai dari Rp. 30.000,- per jam atau Rp. 150.000,- / hari.

Kalau mo janjian meeting sih enak banget disini, karena lokasinya yang strategis berada di area perkantoran Jl. Sunset Road.

13

Bali Bustle Coworking

Gak jauh dari Pantai Legian, Bali Bustle merupakan Coworking dan Co-living dengan beberapa fasilitas yang dimiliki hotel bintang 4! Ada gym, meja ping pong, dan kolam renang. Di Bali Bustle juga biasanya diadakan event yoga class, movie night ataupun game night. Kamu harus catat untuk live music performance di tiap hari Kamis.

Bali Bustle Coworking

Kalau kamu tipe yang males pindah-pindah tempat kerja, sebaiknya sih ambil paket tahunan disini. Kenapa? Harganya jauh lebih murah di Rp. 15.300.000,- dengan tanpa pusing mikirin uang sewa gedung, listrik, dan cost operasional lainnya.

Plus benefit lainnya adalah kamu gak perlu jauh-jauh buat menikmati sunset ketika pulang kerja Sob!

14

Koléga Coworking Space Vivere Bali

Nah kalo Kolega, ini sih spot Coworking kekinian yang saat ini sering dikunjungi juga. Hal ini dikarenakan Kolega masih dalam satu gedung juga dengan Gallery Vivere – Home Furniture Store dengan desain minimalis mevvah. Makanya gak heran kalo kesini, seluruh furniture-nya didesain juga dengan apik.

Kolega sendiri merupakan brand Coworking yang punya nama di dunia para pekerja freelancer yang sekarang memilih remote working. Dimulai dari lokasi Jakarta, Kolega saat ini ada total tersebar di 18 lokasi, salah satunya Bali.

Kolega Vivere Coworking Bali

Serunya kerja di Kolega, kamu bisa bakal ketemu aja ama orang-orang yang bekerja di dunia creative. Kolega juga sering mengadakan event seminar atau workshop dan memfasilitasi industri kreatif untuk berkembang dan berkolaborasi satu sama lain. Salah satunya kemarin Kolega sempat menjadi tuan rumah untuk acara “Seminyak Design Week” yang sempet juga mimin kunjungi.

Untuk ruang kerja, Kolega memberikan ruang yang luas dengan disediakan banyak stop kontak di setiap sudut. Harga daily pass per hari dihitung Rp. 110.000,- dan udah dapat FREE kopi, teh juga snack. Kalo mo sewa bulanan, harus siap merogoh Rp. 2.500.000,- yah Sob!

15

GoWork Park 23

Mimin suer seneng banget pas tau GoWork bakal buka di Bali! Gimana engga, GoWork merupakan Coworking di Bali dengan space terbesar yang ada di Park 23 Mall, tepatnya lantai 3.

Terkenal dengan mengedepankan kombinasi interior intuitif, kegiatan komunitas yang inspiratif juga layanan dan fasilitas-nya super top, mimin kadang sampe lupa waktu kalo udah ngantor disini.

GoWork Park23 Coworking

Mimin yakin seluruh milenial bakal juga seneng dengan adanya aplikasi pintar GoWork untuk mempermudah hidup kita ketika ingin melakukan pemesanan ruang kerja, pembelian tiket untuk acara GoWork dan juga bayar tagihan sewa.

Jangan kabur duluan berpikir ngantor di Mall itu mahal yah, karena menurut mimin harga sewa di GoWork masih cengli di kantong pebisnis startup ataupun freelancer. Ambil aja paket 10 hari dengan harga Rp. 1 Juta atau Rp. 2,3 Juta per bulan. Murah kan?

Part 5:

Coworking Space di Sanur

16

Livit Hub Bali

Sekarang kita lanjut ke area Sanur, Denpasar yah Sob. Mimin rekomendasiin Livit Hub Bali sebagai Coworking yang dapat kamu pertimbangkan untuk ngejar deadline kerjaan kamu.

Dari luar sih bangunan Coworking ini keliatan kayak rumah biasa aja, tapi jangan salah fasilitas di dalam sangat menunjang produktivitas kamu untuk bekerja! Ada bean bags atau hanging chair kalo kamu pengen santai laptop-an di Rooftop sambil menikmati sunset.

Kalo kamu udah sreg dengan suasana di Livit Hub, mimin saranin ambil langsung paket bulanan. Harganya jauh lebih murah, sekitar Rp. 69 Ribu per hari kalo dibandingkan dengan daily pass seharga Rp. 99 Ribu,-

17

Rumah Sanur

Seperti namanya, Rumah Sanur dapat mimin bilang merupakan rumah bagi kegiatan komunitas-komunitas yang ada di Kota Denpasar dan sekitarnya. Disini kamu bisa bertemu dan bersantai bersama hingga membicarakan hal-hal kreatif nan inspiratif.

Biasanya mimin kesini ketika memang ada workshop, seminar atau pameran. Atau kadang cuman mampir untuk seruput kopi sedap di Kopi Kultur sambil nonton Jazz Live Music Performance tiap Selasa malam hehehe..

Kalo emang kamu mampir ke Rumah Sanur, jangan lupa bawa duit yang banyakan yah karena ada juga toko pernak pernik yang jual barang-barang lucu. Kalo mimin, biasanya ada aja borong minimal 1 barang.

Eh iya, untuk ngantor disini lebih enak kalo ambil paket grup bareng temen seperjuangan. Mereka jual ruang dengan harga Rp. 200.000,- untuk min. 5 orang, ini hitungannya per hari yah Sob. Kalo kamu sendiri, itungannya jadi Rp. 50.000,- per hari.

Part 6:

Coworking Space di Jimbaran

18

Colabo Coworking

Berada dibawah management JHub Community, Colabo menjadi salah satu best Coworking yang ada di Jimbaran. Ada tiga pilihan area kerja mulai dari indoor dengan desain minimalis, semi outdoor, hingga outdoor space dengan pemandangan indah yang bisa menampung sekitar 200 orang lho, Sob!!

Sesuai dengan namanya, Colabo emang tempat kamu untuk berkolaborasi! Selain kegiatan workshop yang diadakan tiap bulan, mereka juga rutin mengadakan kelas Zumba dan Yoga. Seru yah?!

Internet disini super kencang dan gak lemot, mungkin karena setiap kali mimin dateng sih gak rame banget juga. Nah untuk harga, kamu bisa keluarin Rp. 150.000,- untuk 1 hari kerja. Kalo mau irit, kayaknya ambil bulanan aja di harga Rp 2 Juta,- (ini udah dapat unlimited access, Sob!)

19

Marquee Offices

Berlokasi di jalan utama By Pass Jimbaran, Marquee dapat mimin bilang seperti layaknya kantor Jakarta pada umumnya. Kalo kamu masuk, akan berasa profesional!

Dari pengalaman mimin kesana, ruang kerja Marquee pas banget kalo kita butuh fokus konsentrasi tinggi. Sambil kamu kerja, kamu masih bisa melihat pemandangan pepohonan hijau dari sisi jendela Marquee, plus internetnya kencang Sob!

Ada juga ruangan pantry disini untuk kamu bisa bikin kopi atau teh. Ada juga disediakan beberapa cemilan atau mie instan yang bisa kamu beli kalo pas lagi lapar melanda, hehee..

Uniknya di Marquee untuk sewa ruangan dihitung per jam dan bukan harian. Menurut mimin, mungkin supaya kamu juga gak boros dan lebih efisien. Harga per jam adalah Rp. 30.000,-

Part 7:

Coworking Space di Denpasar

20

Colony Creative Hub

Belum lama buka, Colony Creative Hub ini cukup rame didatangi oleh masyarakat area Denpasar. Lokasinya ada di lantai teratas, Plaza Renon.

Buat mimin sih, Colony lebih asik didatangin pas emang ada meeting dengan kolega atau klien dibandingkan untuk kerja mengejar deadline.

Kenapa? Karena lokasinya yang ada di mall, pengunjung disini bukan hanya pekerja freelancer tapi juga anak gaul Denpasar pada umumnya. Colony sendiri sih emang didesain sebagai titik temu untuk orang dapat bertemu tanpa ribet dengan fasilitas lounge, bar juga restaurant.

Karena tempatnya yang luas, Colony bisa kamu jadikan alternatif untuk meeting dengan skala besar atau acara gathering. Harga bisa kamu langsung tanya ke staff disana yah karena bervariasi mengikuti skala event kamu.