16

Event di Bali

Yang Wajib Kamu Datangi

Last Updated: 4 September 2019

Setiap kali ketemu orang baru, saya sering kali ditanya 

“Eh ada apaan sih yang baru di Bali?”. 

Yang baru di Bali ada banyak! Bisa dibilang tiap bulan ada aja hotel kerencafe cantik dan beach club hits yang baru buka di Bali.

Tapi kalian gak boleh kelewatan juga dengan acara-acara atau event di Bali yang gak kalah seru buat di ikuti sepanjang tahun.

Kamu tinggal nyocokin aja jadwal liburan-mu di Bali dengan event calendar Bali 2019 berikut ini:

Featured Event di Bali 2019

1

// September 2019

Nusa Dua Fiesta merupakan salah satu acara terbesar di Bali di penghujung tahun! Berbagai pagelaran budaya diadakan dengan selama 3 hari, dan tentunya dirancang dengan skala internasional ya sodarah-sodarah. Menurut pengalaman saya, ini adalah salah satu acara budaya terkeren dengan konsep yang bener-bener mateng.

Pertama, pagelaran budaya yang dilakukan ini enggak seperti acara-acara yang ala kadarnya. Dengan kostum dari berbagai daerah di Indonesia, kalian bakalan banyak melihat budaya yang enggak kalian pernah lihat secara live! Dipadukan dengan lighting yang dirancang untuk menciptakan suasana yang WAW!

Nusa Dua Fiesta 2019: Event di Bali yang Harus Kamu Kunjungi
Nusa Dua Fiesta 2019: Event di Bali yang Harus Kamu Kunjungi

Kedua, biasanya setiap tahun bakalan ada acara-acara yang bersifat kolosal. Seperti tarian-tarian api oleh ratusan penari atau pun kisah Tridatu – yang memiliki makna spiritual di Bali. Acara kolosal seperti ini jarang loh diadakan di Indonesia.

Terakhir, bakalan banyak bintang tamu lokal untuk mengisi suasana hati kamu yang sendu #ea. 

Di tahun 2018 lalu, Nusa Dua Fiesta dilengkapi pertunjukan musik oleh Gigi, Adera, dan Ginda Bestari. Kapan lagi datang ke acara gratis dengan bintang tamu sekece ini??

2

Nusa Dua Light Festival

// Juni 2019

Nusa Dua Light Festival 2019: Event di Bali yang Harus Kamu Kunjungi
Photo credit: @gustindra
Nusa Dua Light Festival 2019: Event di Bali yang Harus Kamu Kunjungi
Photo credit: @erytriana_iie

Siapa di sini yang pengen banget liat festival lampion?  Datang aja ke Nusa Dua Light Festival! Nusa Dua Light Festival menjadi salah satu festival dengan instalasi seni dengan menggunakan sumber cahaya.

Perayaan acara ini lumayan lama, sekitar 13 – 15 hari. Jadi kamu enggak punya alasan untuk mangkir dari festival ini, karena lama toh diadakannya!

Tema setiap tahunnya akan berbeda-beda. Seperti pada tahun 2018 dengan tema Underwater, pengunjung dapat melihat berbagai instalasi seni LED berbentuk biota laut seperti cumi-cumi, ikan, dan masih banyak lagi! 

Namun tidak hanya itu, terkadang ada juga instalasi yang asik buat foto rame-rame, seperti taman bunga tulip LED. 

Wah, tentunya suasana Nusa Dua Light Festival bakal romantis banget. Eh tapi kalo jomblo enggak apa juga kok dateng ke sini, enggak dosa. Mau datang sendiri, berdua, atau ramai-ramai, bakalan tetap asik!

3

Bali Blues Festival

// Juli 2019

Bali Blues Festival 2019: Event di Bali yang Harus Kamu Kunjungi

Siapa di sini yang suka lagu ber-genre Blues?

Kalau suka, wajib banget dateng ke Bali Blues Festival! Berlokasi di Peninsula Nusa Dua, Bali Blues Festival menyajikan nuansa romantis sambil mendengarkan lagu oleh para musisi ternama.

Bayangkan, ketika lirik dan nada yang menggugah rasa (tsahhh sa aeee) sedang berdendang di udara, suara dari ombak-ombak gemas melengkapi suasana. 

Gimana gak bikin baper kalo gak dateng ke bali Blues Festival? Oh iya, acara ini akan mendatangkan line up penyanyi yang ditunggu-tunggu banget! Di tahun-tahun lalu, festival ini mengundang penyanyi seperti Gugun Blues Shelter, Indra Lesmana, dan Fernando Brazil. 

Kira-kira, siapa ya yang akan datang di 2019? Katanya sih John Mayer dateng juga. Katanya loh yaaa….

4

Badung Night Run

// September 2019

Mandiri Badung International Night Run 2018

Badung Night Run merupakan salah satu event olahraga terbesar di Bali! Terdiri dari beberapa kategori, yaitu 5k, 10k, Half Marathon (21km), dan Full Marathon (42km).

Acara ini enggak harus melulu buat kamu yang cinta olahraga. Cocok untuk kalian yang mau coba-coba, atau sudah di tahap serius (kayak pacaran gitu).

Di beberapa rute, kalian akan menjajaki daerah-daerah cantik yang jarang dapat dijajaki – yaitu tol Bali Mandara

Kebayang gak sih betapa cantiknya pemandangan yang kalian dapat lihat dari sana? Terutama, ketika kalian datang tepat saat matahari terbit. Tentunya ini bakal jadi momen yang paling tak terlupakan saat lari-lari manja. Selain itu, Hadiah event ini pun enggak main-main, hingga puluhan juta rupiah! Kebayang kan berapa banyak pelari yang akan mencoba rebutan hadiah ini? Cobain daftar aja, kali aja kamu jadi pemenangnya!

Btw, jangan kira saya typo ya, bener kok nama event-nya Badung Night Run, bukan BANDUNG. Sekadar pengetahuan, Badung ini merupakan salah satu kabupaten di Bali, meliputi Kuta Selatan, Nusa Dua, Legian, Seminyak, hingga daerah Plaga.

Culture Event di Bali

5

Omed-Omedan

// Maret 2019

Kalau di TV ada acara Katakan Cinta atau Masihkah Kau Mencintaiku, ya acara ini mirip-mirip lah tapi bukan soal cinta-cinta’an. 

Omed-omedan adalah salah satu ritual untuk memperakrab sesama umat Hindu. Singkat kata, tim akan dibagi menjadi dua kubu: teruna (pria) dan teruni (wanita). 

Setiap pasangan nantinya akan memeluk erat sampai kedua kubu berhasil untuk memisahkannya. Ya macam mertua gitu deh *oops*. 

Tradisi Omed-Omedan di daerah Sesetan Bali, sesudah Hari Raya Nyepi di Bali
Photo credit: @balifact.id

Kalau enggak ada yang mau ngalah, para warga akan mengguyur kedua pasangan (dan antek-anteknya) agar melepaskan pelukan dan ciuman tersebut.

Biasanya acara ini diadakan satu hari setelah Nyepi. Wah kalau gitu, apa mendingan sekalian Nyepi di Bali aja ya? 

Itu bisa jadi ide yang baik, apalagi banyak hotel yang memberikan potongan harga lumayan gila selama Nyepi berlangsung. Eh, tapi booking-nya harus beberapa hari sebelum Nyepi ya, biar enggak kehabisan kamar hotel.

6

Tenganan Festival

// Juni 2019

Pernah denger yang namanya Perang Pandan? Ya… mungkin elau cuma tahunya daun pandan yak. 

Tenganan Festival, atau yang biasa disebut “Mekare-kare” atau Perang Pandan merupakan sebuah tradisi di Desa Tenganan. Ritual massal ini didedikasikan bagi Dewa Perang dan Langit umat Hindu. 

Seperti namanya, bakal ada peperangan antara penduduk desa. Eh, tapi bukan peperangan yang saling menghancurkan kok. Kedua laki-laki akan bertarung dengan menggunakan perisai rotan dan seikat daun pandan berduri.

Walau mereka terlihat berkelahi, mereka tidak merasakan sakitnya loh. Luka pun hanya diobati dengan ramuan tradisional, berupa campuran kunyit dan cuka. Terus sembuh! 

Teganan Festival, Mekare-kare 2019: Event di Bali yang Harus Kamu Kunjungi (Tradisi Ayunan)
Photo credit: @ulsiuchie

Selain itu, akan ada juga acara Tradisi Ayunan yang unik. Sebuah ‘kincir angin’ raksasa akan diduduki oleh 8 orang gadis dari Desa Tenganan dan diputar. Tradisi ini dibuat agar mengingatkan para warga akan simbol roda kehidupan dimana kadang kita ada di atas, namun kadang kita akan kesulitan di bawah. Tapi jangan menyerah karena tak lama lagi kita akan kembali ke atas. Tsaahhh..

Ritual ini biasanya berlangsung dua hari. Tentunya, bakalan ada kuliner-kuliner sekitar juga yang bisa kamu kunjungi, atau melihat beberapa peninggalan seperti manuskrip yang tertulis di daun lontar.

Kalau mau dateng, desa Tenganan hanya berjarak 15 menit dari utara jalan raya Candidasa dengan kendaraan bermotor.

Music Event di Bali

7

Sunny Side Up

// Juli 2019

Play Video

DISCLAIMER: Sunny Side Up yang kami maksud bukanlah nama restoran atau hidangan telur ceplok.

Bosen sama acara musik yang ada di Jakarta? Atau merasa penyanyi yang datang cuma gitu-gitu aja? Cobalah kau tengok Sunny Side Up, dijamin ngelihat line up-nya aja langsung kejang-kejang tapi pengen (baca dengan logat Batak).

Sunny Side Up atau yang akrab disebut dengan SSU menjadi salah satu acara paling petjahhhhh di Bali! Diproduksi oleh Potato Head Family dan Ismaya Live, festival musik SSU enggak nanggung-nanggung kalo ngundang artis. 

Sunny Side Up 2019: Event di Bali yang Harus Kamu Kunjungi

Tahun 2018, mereka dengan berani mengundang Ellie GouldingAzealia Banks, dan DJ ternama seperti Mark RonsonGenre musik yang dibawakan pun akan bervariasi, sehingga kamu enggak mungkin bosen. Yang ada, malah tahu banyak lagu-lagu baru.

Saya kasih tahu dari awal dulu ya. Walau harga tiketnya kadang bikin sakit hati, live performance dari performers yang datang hampir tidak pernah mengecewakan. Apalagi yang udah kelasnya internasional, ye kan?

8

Soundrenaline

// September 2019

Wah, ini si acara musik paling gila se Bali! Berlokasi di GWK alias Garuda Wisnu Kencana, Soundrenaline merupakan salah satu acara bernuansa grande selama 2 hari. 

Di tahun 2018 lalu aja, mereka berani mengundang LIMP BIZKIT ghaes. Gokil banget buat acara yang dibuat di Indonesia mengundang band kayak gini. 

Mereka pun juga berani terbuka terhadap emerging artist yang sedang mengembangkan sayapnya di Asia. Jadi jangan heran kalau setiap tahunnya bakal ada nama baru dengan lagu yang menghipnotis. 

Soundrenaline 2019: Event di Bali yang Harus Kamu Kunjungi

Buat yang suka band asli Indonesia, jangan sedih sodara-sodara quh. Band-band setaraf Sheila On 7, Padi, dan Endank Soekamti biasanya juga memeriahkan acara Soundrenaline ini.

Dua tips dari Liburan Bali kalau kalian beneran mau dateng ke Soundrenaline. Pertama – berhubung tiketnya bakal diincer banget, mendingan buruan beli. Jangan sampe nanti nyesel kalau tiketnya kehabisan, terus harus beli dari calo – auto bokek deh.

Kedua, jaga kesehatan! Minum vitamin C yang bener, bawa juga Tolak Badai sebanyak mungkin. Minum disaat kalian enggak enak badan. Pikiran boleh sekip, tapi badan dan event Soundrenaline harus tetep jalan.

Festival Event di Bali

9

Bali Spirit Festival

24 – 31 Maret 2019

Ingin menyelami sisi spiritualmu lewat berbagai sesi-sesi yang belum pernah kamu dengar sebelumnya? 

Kalian bisa coba datang ke Bali Spirit Festival yang digelar pada bulan Maret. Berbagai rangkaian acara seperti yoga, musik, tarian, dan acara unik lainnya akan mengajak kamu refleksi terhadap diri sendiri, hingga berbagai workout yang siap membakar kalorimu!

Eh, Rima Melati – istri dari Marcell Siahaan juga akan hadir di sini membawa kelas POUND! Juga Bude Novi – ahli tarot Bali yang mempunyai klien dari penjuru Indonesia akan hadir sebagai bintang tamu. 

Ugh, jadi penasaran kan saya sama Bali Spirit Festival tahun ini! Eh ya, btw acaranya bakal dilaksanakan selama sekitar 1 minggu. Kalian enggak perlu ikut semua kok, cukup hari yang diinginkan aja. Apalagi tiket untuk warga lokal diskon 50% loh.

10

Ubud Food Festival

26 – 28 April 2019

Selain sisi spiritual, ternyata Ubud juga punya festival soal makan-makan! Ubud Food Festival merupakan salah satu guilty pleasure para pecinta kuliner dan mereka yang bergerak di bidangnya. 

Tema yang digelar pun beragam tiap tahunnya, dari cara memanfaatkan bahan lokal, cara memasak berbagai menu masakan, hingga topik unik seperti punahnya bumbu-bumbu lokal. 

Duh, dengernya aja saya udah sedih banget. Tapi enggak apa-apa, kita memang harus tahu soal ini agar pihak lain sadar akan peristiwa ini.

UBUD Food Festival 2019: Event di Bali yang Harus Kamu Kunjungi
Photo credit: @wimboprakoso
Bicara soal bintang tamu, bakalan dateng chef-chef internasional yang sering kalian lihat di acara-acara TV, hingga pakar kuliner dari Indonesia. Kalau di tahun-tahun lalu, William Wongso dan Sisca Soewitomo selalu mengisi acara Ubud Good Festival. Jika ada pertanyaan festivalnya di mana, acara Ubud Food Festival menggunakan SATU KOTA UBUD sebagai tempat perayaannya!

Loh, kok banyak banget? Ya iya, bakalan banyak acara workshop seputar masak-masak dan makanan yang unik, dan juga sesi cicip mencicip selama festival berlangsung. Biasanya, bakalan disediakan shuttle untuk mobilitas antar tempat. 

Tapi ada baiknya kalian menyediakan motor tersendiri untuk berpindah-pindah agar tidak repot. Kalian juga bisa jadi volunteer acara ini loh jika ingin terlibat lebih dalam.

11

Pesta Kesenian Bali

Juni – Juli 2019

Buat yang bingung mau dateng ke festival yang Bali banget, yuk merapat ke Pesta Kesenian Bali! Disingkat menjadi PKB (kok kayak singkatan partai politik ya?), acara ini bisa dikatakan festival budaya terbesar di Bali, yang diadakan oleh pemerintah setempat.

Tidak hanya menargetkan wisatawan dan seniman Bali aja, mereka juga kiat mengundang dari seluruh penjuru Nusantara. Wih, dengernya aja merinding banget. 

Pesta Kesenian Bali 2019: Event di Bali yang Harus Kamu Kunjungi
Photo credit: @dartha_muggle

Menurut info, ribuan seniman bakalan terlibat di pagelaran budaya selama satu bulan ini.

Apa? Satu bulan? 

Gilaaaaaa lama banget yak acaranya. Karena tiap kota dan kabupaten akan mengirimkan perwakilan untuk mempertunjukkan seni andalan daerahnya. 

Kira-kira, kalian ada daerah yang ditunggu-tunggu banget gak? Saya sih penasaran banget sama budaya dari Nias, yang lompat batu kayak di duit serebu-an itu lho.

12

Ubud Village Jazz Festival

16 – 17 Agustus 2019

Yang suka musik Jazz, MARI MERAPAT SEKARANG! Jujur aja, ini event musik yang paling saya tunggu-tunggu, Ubud Village Jazz Festival. Seperti namanya, acara musik ini diadakan di desa Ubud. 

Tidak kurang dari 30 musisi ternama, dijamin kamu bakal dihibur abis-abisan selama performance 2 hari.

Oke, siapa aja sih performernya? Di tahun 2019, pastinya Indra Lesmana dan Nancy Pontoh dikabarkan bakalan memenuhi panggung Jazz Ubud. 

Ubud Village Jazz Festival 2019: Event di Bali yang Harus Kamu Kunjungi
Photo credit: @swankywacky

Untuk line up internasional-nya sendiri belum ditayangkan. Tapiiii bisa dipastikan, yang manggung bakalan keren-keren. 

Lihat aja, di tahun-tahun lalu mereka berani mengundang musisi internasional seperti pianis Steve Barry dan Gerard Clayton. Duh, jadi gak sabar nggak sabar nungguin pemainnya!

Buat kalian yang enggak bisa dateng ke Ubud Village Jazz Festival, entah karena kehabisan tiket ato karena bokek, jangan khawatir. Bakalan ada roadshow pre-event yang akan diadakan di hotel-hotel daerah Seminyak dan Ubud. So, daripada enggak nonton, mending bisa liat spoiler-nya dikit-dikit kan?

13

Sanur Village Festival

Agustus 2019

Sanur Village Festival merupakan festival yang terdiri dari rangkaian acara yang berbeda setiap harinya. 

Banyak vendor makanan lokal sanur dan resto-resto terkenal akan buka di SVF. Saya selalu kalap makan kalo kesini. Apalagi setiap malamnya bakal ada artis-artis terkenal yang manggung disini.

Salah satu acara yang ditunggu-tunggu saat SVG adalah International Sanur Kite Festival, di mana para pemain layangan dari seluruh dunia bakal menerbangkan layang-layang keren dan unik di pantai Mertasari. 

Ada yang bentuknya kapal, cumi-cumi, tokoh kartun, hingga bentuk abstrak yang melayang tinggi di langit! Wah, ini pasti bakalan keren banget untuk ditonton dan hunting foto.

Selain itu, akan ada juga bazaar lokal dan acara kebersamaan lainnya seperti futsal, yoga, menanam koral, juga lomba surfing selama SVF berlangsung. 

Cukup sesuaikan jadwal dengan acara yang kalian inginkan kalau kalian tidak ingin menghabiskan waktu. Kira-kira, kalian bakal join sama yang mana ya ghengs?!

14

Ubud Writers Festival

Oktober 2019

Diawali dari tahun 2004, sekarang Ubud Writers Festival sudah menjadi festival literasi yang mendunia. Banyak penulis dari berbagai belahan negara datang ke Ubud hanya untuk menjadi pembicara dan mengadakan berbagai workshop di sana.

Buat kamu yang suka baca, atau menghadapi berbagai permasalahan dalam mencari inspirasi soal buku, wajib banget datang ke acara ini! Beberapa penulis lokal yang pernah menjadi bintang tamu di Ubud Writers Festival adalah Dewi “Dee” Lestari dan Trinity.

Di berbagai workshop yang diadakan, kamu bakalan dapat insight-insight baru mengapa penulis membuat buku tersebut. Selain membuat pikiran mindblown, kamu bakal terkesima betapa kompleksnya pemikiran mereka. Kapan lagi bisa datang ke acara di mana penulis favoritmu berkumpul di satu tempat?

Festival ini tidak terbatas untuk mereka yang suka dengan buku. Akan ada kegiatan-kegiatan lain seperti cultural workshop dan pameran-pameran oleh seniman ternama. Jika kalian mumpung lagi di Bali, beneran deh mending dateng ke Ubud Writers Festival. Dijamin enggak nyesel!

15

Denpasar Festival

Desember 2019

Buat yang belom pernah ke Denpasar Festival, jangan ngaku-ngaku kalau kalian warga Denpasar yak! 

Acara lokal yang dipersembahkan untuk warga Denpasar dan sekitarnya biasanya akan memanggil puluhan line-up penyanyi keren. 

Kearifan lokal dari dan untuk warga Denpasar akan dibuat selama 3 hari berturut-turut. Supaya suasana makin seru, bakalan ada beberapa panggung secara serentak dengan berbagai band-band indie yang memeriahkan suasana DENFEST!

Kalau kamu pengen cari hiburan lain, banyak kuliner lokal yang bisa kamu coba. Dari makanan gerobakan, hingga jajanan depan sekolah yang sulit sekali dicari sekarang. 

Saya jadi kangen telor gulung deh. Pada jadi penasaran banget nggak festival yang bener-bener lokal banget seperti apa? Coba yuk habiskan akhir tahun di Denpasar Festival!

16

PICA Fest

Februari 2019

Berbelanja baju itu emang selalu asik, dan bikin kalap. Apalagi kalau ngelirik kaos-kaos distro kesukaan, kadang suka bikin merinding. Bawaannya pengen beli, tapi takut tabungan kena tipes. Eits tunggu dulu, kamu bisa belanja di Pica Fest yang diadakan di bulan Februari setiap tahunnya.

Berletak di kota Denpasar, festival baju ini sekilas terlihat seperti JakCloth. Yang berarti, bakalan banyak kaos berlabel indie yang dapat kamu beli di sini. Tentunya kamu harus menabung terlebih dahulu agar bisa membawa pulang baju berpuluh-puluh kantong. Tapi ingat, kalian harus siap berdesak-desakkan karena bakalan banyak banget pengunjung lokal dari berbagai penjuru Bali untuk berburu baju.

Selain membeli kaos-kaos kece, kalian juga bisa nongkrong bersama geng kalian untuk menonton band-band ternama, seperti Superman Is Dead / SID Acara kayak gini biasanya bakal seru kalo rame-rame ketimbang datang sendiri.d

Event Mana yang Paling Kamu Ingin Datangi?

Okeh Sobat Elbeh, itu dia beberapa Event di Bali yang seru dan harus kamu kunjungi seandainya kamu pas lagi ada di Bali.

Coba ceritain dong pengalaman kamu mendatangi salah satu event seru di Bali.

Atau kalau kamu ada event seru lainnya yang bisa ditambahkan ke artikel ini, let us know in di kolom komentar dibawah.

Happy holiday!

Bagaimana Menurutmu?