Makanan Halal di Bali

Liburan ke Bali kurang afdol rasanya kalau tidak berburu makanan khas Bali. Namun, kebanyakan rumah makan yang terkenal selalu menawarkan aneka kuliner Babi. Beberapa pembaca LiburanBali sempat meminta kami untuk memberikan rekomendasi makanan Halal di Bali.

Kesempatan kali ini kami akan kasi tau kamu 16 Makanan Halal di Bali yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Bali.

*Walaupun kami sudah melakukan research, ada baiknya kamu tetap double check mengenai sertifikat halal dan hal lain yang diperlukan sebelum mengunjungi tempat-tempat di bawah ini yah!

1. Nasi Tekor

Kuliner khas Bali satu ini cukup unik dan masih jarang didengar oleh kebanyakan wisatawan, Nasi Tekor. Merupakan nasi yang disajikan di dalam tekor atau pincuk, yaitu wadah tradisional yang terbuat dari daun pisang yang sudah digunakan dari zaman dulu.

Gambar Nasi Tekor Bali

Photo credit: IG @foodiegodisland

Berlokasi di Desa Budaya Kertalangu, Denpasar Timur kamu pun akan menikmati suasana seperti makan di rumah tua lengkap dengan pernak pernik hiasan yang akan membawa-mu bernostalgia ke masa kecil dulu. Oh ya, yang jualan disini adalah pasangan kakek nenek, so sweet banget kan!

Gambar Nasi Tekor Bali

Pasangan suami istri unyu ini adalah ‘chef’ nya nasi Tekor. Photo credit: IG @mediawan

Menu yang dijual disini sebenarnya sederhana yaitu nasi campur khas Bali dengan sajian lauk lawar biu batu, serapah ayam, sambal bali, kacang goreng, ayam panggang dan kuah ares.

Warung Tekor

Lokasi: Kawasan Desa Budaya Kertalangu, Jalan By Pass Ngurah Rai Tohpati No.28, Denpasar
Telpon: 0821-4785-7858
Buka: Setiap hari, 08:00 – 17:00

Lihat Lokasi di Google Map 

 

2. Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku

Jika kamu sedang berkunjung ke daerah Ubud, kamu wajib mencoba masakan halal yang paling eksis disana, yaitu Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku. Dengan bermodalkan pendopo rumah khas Bali, disini kamu juga bisa menikmati suasana tradisional khas Bali dengan pekarangan rumah yang luas.

Gambar Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku

Porsi makanan Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku. Photo credit: IG @irwandut

Sesuai dengan namanya, tempat ini hanya menyajikan makanan berbahan ayam. Seporsi Nasi Ayam akan dilenkapi dengan sate lilit, telur, ayam sisit, ayam goreng dan sayuran lawar juga sambal yang super pedas! Harganya pun murah, hanya Rp. 25.000,- saja

Gambar Interior Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku

Tempat duduk di bale-bale semakin membuat betah pengunjung di Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku. Photo credit: IG @mizdeeeee

Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku

Lokasi: Jalan Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Ubud
Telpon: (0361) 974795
Buka: Setiap hari, 08:30 – 19:00

Lihat Lokasi di Google Map 

 

3. Bebek Bengil

Merupakan pelopor untuk menu Crispy Duck alias Bebek Goreng Krispi, restaurant ini gak pernah sepi pengunjung. Tim LiburanBali kemarin juga sempet nyobain Bebek Bengil yang ada di The Bay Nusa Dua baru-baru ini. Memang Crispy Duck nya harus di acungin jempol!

Gambar Crispy Duck Bebek Bengil Nusa Dua

Photo by LiburanBali

Dengan suasana yang mirip di Ubud, Bebek Bengil di Nusa Dua juga memberikan suasana asri yang di kelilingi pepohonan dan juga gazebo ala Bali. Bedanya, disini kamu tidak akan menemukan pemandangan pematang sawah, namun kamu akan menikmati pasir putih khas Nusa Dua.

Gambar Tempat Makan di Bebek Bengil Nusa Dua

Photo by LiburanBali

Selain menu Crispy Duck yang menjadi unggulan, Bebek Bengil juga memiliki menu lezat seperti Nasi Campur dan Bebek Sambal Ijo yang gak kalah enak! Duh ini sambil nulis sambil ngiler..

Bebek Bengil Nusa Dua at The Bay Bali

Lokasi: ITDC Complex, Lot C-0, Pantai Nusa Dua – Kuta Selatan
Telpon: (0361) 8948111
Buka: Setiap hari, 10:00 – 22:00

Lihat Lokasi di Google Map 

 

4. Nasi Ayam Ibu Oki

Gak jauh dari Bebek Bengil, masih di Nusa Dua, kamu pun bisa menemukan kuliner halal lainnya yaitu Nasi Ayam Ibu Oki. Hampir sama dengan Nasi Ayam lainnya, Bu Oki pun menyajikan seporsi nasi campur dengan berbagai olahan ayam seperti ayam goreng, ayam sisit, ayam betutu, sate lilit, telor dan sayuran. Bedanya, di Ibu Oki, kamu bakal dapet kuah pedas yang dijamin bikin keringat bercucuran tapi pingin nambah terus. Rekor disini kami sampe nambah 3 piring!

Gambar Nasi Ayam Ibu Oki Nusa Dua

Kuah pedes andalan Nasi Ayam Bu Oki ini yang bikin kami ketagihan nih! Photo credit: IG @ajakmakan

Nasi Ayam Ibu Oki juga memiliki cabang di Jimbaran loh. Sepiring nasi campur dibandrol Rp. 25.000 saja.

Nasi Ayam Ibu Oki

Lokasi: Jalan Siligita No.27, Nusa Dua
Telpon: 0813-5332-2184
Buka: Setiap hari, 08:00 – 21:00

Lihat Lokasi di Google Map 

 

5. Teba Café Jimbaran

Kawasan area Jimbaran dikenal dengan deretan restauran seafood yang siap memanjakan lidah kamu. Sebenarnya hampir setiap restoran disini memiliki aneka menu seafood bakar yang disajikan lengkap dengan sayur plecing dan sambal matah. Namun biasanya tim LiburanBali sering mengunjungi Teba Café Jimbaran dibanding yang lain karena menurut kami bumbu disini lebih nendang.

Gambar Menu Seafood di Teba Mega Cafe Jimbaran

Photo credit: IG @tebacafe.jimbaran

Paling menarik dari makan di pantai Jimbaran adalah kamu bisa menikmati candle light dinner “ala-ala” di tepi pantai dengan iringan musik akustik. Pas banget buat kamu yang mau dinner romantis sama pasangan tercinta! Kalau kamu berencana makan disini, kami sarankan untuk stand by dari jam 5 sore, supaya kamu bisa mendapatkan tempat duduk terbaik untuk menonton sunset super indah disini.

Suasana Sunset di Teba Mega Cafe Jimbaran

Photo credit: IG @tebacafe.jimbaran

Teba Mega Cafe Jimbaran

Lokasi: Jalan Bukit Permai, Muaya Beach, Jimbaran Bay
Telpon: (0361) 708676
Buka: Setiap hari, 11:00 – 23:00

Lihat Lokasi di Google Map 

 

6. Bale Udang Mang Engking

Sesuai dengan namanya, restaurant satu ini terkenal dengan menu udang-nya! Berbagai macam olahan udang terbaik bisa kamu temui disini. Favorit kami adalah menu Hurang Ageung, dimana berbagai varian udang disajikan dalam satu keranjang besar.

Gambar Menu Masakan di Bale Udang Mang Engking Kuta

Photo credit: Bale Udang Mang Engking

Bale Udang Mang Engking bisa kamu kunjungi di Kuta maupun Ubud. Keduanya menawarkan pengalaman kuliner di pondokan dengan nuansa pedesaan. Kamu dijamin akan betah berlama disini, apalagi kalo perut udah kenyang!

Baca Juga: Bale Udang Ubud Review 

Interior Bale Udang Mang Engking Kuta

Interior tradisional khas Bambu disatukan dengan arsitektur modern, di jamin bikin nyaman makan-makan disini. Photo credit: Bale Udang Mang Engking

Bale Udang Mang Engking Kuta

Lokasi: Jalan Nakula No. 88, Sunset Road – Kuta
Telpon: (0361) 3700660
Buka: Setiap hari, 11:00 – 23:00

Lihat Lokasi di Google Map 

 

7. Ayam Betutu Men Tempeh, Gilimanuk

Menu satu ini jangan sampe kamu lewatin kalo sedang berada di Bali! Ayam Betutu adalah salah satu ikon makanan khas Bali. Selain pilihan bahan ayam, bumbu betutu juga seringkali dihidangkan menggunakan daging bebek loh. Bumbu rempah komplit khas Bali dengan tekstur rasa pedas pasti bikin kamu ketagihan!

Untuk lokasi favorit kami adalah di Cabang Pusat Ayam Betutu men Tempeh pertama yang berada di Gilimanuk persis di kompleks terminal lama, seberang pasar.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Bali yang Wajib Kamu Coba

Ayam Betutu Men Tempeh

Lokasi:  Gilimanuk, Melaya, Jembrana
Telpon: 0852-3844-4335
Buka: Setiap hari, 07:00 – 21:00

Lihat Lokasi di Google Map 

 

8. Nasi Pedas Bu Andika

Termasuk salah satu kuliner legendaris yang hingga hari ini rame pengunjung, Nasi Pedas Bu Andika memang juaranya!  Kamu akan menemukan warung sederhana seperti di Jawa dengan berbagai pilihan lauk yang halal disini. Jangan lupa untuk pesan kulit ayam dan juga sambal setan yang pedesnya nampol banget!

Nasi Pedas Ibu Andika

Photo credit: IG @lauren.licious

Untuk seporsi nasi campur, kisaran harga mulai dari 20 ribuan karena tergantung dengan pilihan lauk yang kamu ambil. Nasi Pedas Bu Andika buka selama 24 jam di area Kuta, dekat dengan toko Joger oleh-oleh khas Bali.

Warung Tekor

Lokasi: Kawasan Desa Budaya Kertalangu, Jalan By Pass Ngurah Rai Tohpati No.28, Denpasar
Telpon: 0821-4785-7858
Buka: Setiap hari, 08:00 – 17:00

Lihat Lokasi di Google Map 

 

9. Warung Nikmat

Hampir sama konsepnya dengan Nasi Pedas Bu Andika, Warung Nikmat juga menyediakan makanan khas Jawa yang semuanya NIKMAT! Kamu akan menemukan berbagai pilihan menu seperti Sayur Lodeh, Rendang, Empal, Penyetan, Rawon dan lainnya. Sekitar 20-an jenis makanan dipajang di etalase dan kamu tinggal memilih dengan touch-screen alias menunjuk kaca etalase. Hehehehe..

Menu pilih-pilih Warung Nikmat Kuta

Makanan menu pilih-pilih di Warung Nikmat Kuta. Photo credit: IG @azalanshah

Selain wisatawan lokal, Warung Nikmat juga sering dikunjungi bule-bule karena lokasinya dekat dengan area Kuta dan harganya sangat bersahabat di kantong alias murah!

Warung Nikmat

Lokasi: Jalan Bakung Sari, Gg. Biduri No.6A, Kuta
Telpon: (0361) 764678
Buka: Setiap hari, 08:00 – 20:00

Lihat Lokasi di Google Map 

 

10. Nasi Tempong Pink

Nasi Tempong merupakan makanan khas Banyuwangi, dilengkapi dengan lauk pendamping wajib yaitu ikan asin, tahu, tempe, sayur bayam yang direbus, dan gak lupa sambalnya yang super pedes nampol! Pilhan lauk utama bisa kamu pilih seperti lele, ayam kampung, bebek, dan lainnya. Selain di Jalan Teuku Umar, Denpasar, Tempong Pink juga memiliki cabang di Kuta.

Gambar Menu Pink Tempong

Photo credit: IG @henjiwong

Seluruh sudut ruangan tempat makan hingga pernik apapun berwarna pink sesuai dengan namanya, unik yah? Memiliki slogan “Monyor Monyor” yang artinya kamu bakal dijamin merasakan sensasi pedas hingga bibir bengkak alias monyor kalo makan disini. Gimana, berani coba?

Suasana Pink Tempong

Photo credit: IG @pinktempong

Pink Tempong

Lokasi: Jalan Teuku Umar No. 176, Denpasar
Telpon: 0817-4700-003
Buka: Setiap hari, 11:00 – 23:00

Lihat Lokasi di Google Map 

 

11. Nasi Jinggo Tutu

Umumnya Nasi Jinggo hanya berisi nasi sekepalan tangan dengan lauk ayam suwir, tempe goreng, mie goreng dan sambal, dikemas dengan bungkusan daun pisang. Namun, berbeda dengan porsi Nasi Jinggo Tutu yang lebih besar dan disajikan menggunakan piring layaknya nasi campur.

Selain itu, Nasi Jinggo Tutu uniknya bisa memilih antara nasi putih atau nasi kuning loh.

Gambar Menu di Jinggo Tutu Kitchen Kuta

Photo credit: IG @jinggotutukitchen

Nasi Jinggo Tutu

Lokasi: Jalan Raya Kuta No.108X, Kuta
Telpon: 0819-1618-8893
Buka: Setiap hari, 07:00 – 18:00

Lihat Lokasi di Google Map 

 

12. Ayam Bakar Taliwang

Karena lokasi Bali yang bertetangga dengan pulau Lombok, gak heran kalau beberapa kuliner khas Lombok juga bisa kamu temui, khususnya di daerah Denpasar. Favorit kami adalah Ayam Bakar Taliwang Baru yang berlokasi di Jalan Teuku Umar, Denpasar. Biasanya sih wisatawan akan mampir kesini setelah mereka puas belanja oleh-oleh di Erlangga maupun Krisna Oleh Oleh Bali.

Menu Ayam Bakar Taliwang Baru Denpasar

Photo credit: IG @jessikhwan

Menu wajib yang harus kamu coba pastinya adalah Ayam Bakar. Untuk kamu yang kuat pedas kamu bisa pesan Ayam Plecing ataupun Ayam Sasak yang gak kalah enak. Jangan lupa juga sebagai pendamping, kamu bisa pesan beberuk terong dan plecing kangkung. Dijamin bakal nambah nasi terus! Buat kalian yang bingung porsi ayamnya yang kecil, itu dikarenakan mereka menggunakan ayam kampung asli.

Ayam Bakar Taliwang Baru

Lokasi: Jalan Teuku Umar No. 10, Denpasar
Telpon: (0361) 263031
Buka: Setiap hari, 09:00 – 23:00

Lihat Lokasi di Google Map 

 

13. Sop Ikan Warung Mak Beng

Ini juga favorit kuliner legendaris di Bali, Sop Ikan Warung Mak Beng. Dibuka semenjak tahun 1941 dan gak pernah sepi pengunjung, warung ini hanya memiliki satu menu andalan yaitu paket sederhana yang terdiri dari Nasi Putih, Ikan Goreng, Sop Ikan dan juga sambal yang super pedas!

Menu Makanan di Mak Beng Sanur

Photo credit: IG @foodgaleri

Suasana pantai bisa kamu temui ketika berkunjung kesini, karena Warung Mak Beng persis banget di pinggir pantai Sanur. Buka dari jam 8 pagi, kamu bisa nih menikmati matahari terbit di pantai Sanur terlebih dahulu lalu lanjut sarapan pagi.

Warung Mak Beng

Lokasi: Jl. Hang Tuah No.45, Sanur
Telpon: (0361) 282633
Buka: Setiap hari, 08:00 – 22:00

Lihat Lokasi di Google Map 

 

14. Warung Pojok

Kuliner halal ini lebih dikenal oleh warga lokal Bali dibanding wisatawan. Nah jika kamu ingin berlibur dan mengenal kuliner lokal Bali, kamu wajib mencoba nasi campur Warung Pojok. Seporsi nasi campur berisi daging sapi sisit, paru, ayam sisit, kulit ayam, telor rebus, sate lilit, sayuran dan sambal.

Menu Nasi Campur Warung Pojok

Photo credit: IG @deliciousbali

Untuk harga, Warung Pojok membedakan bagi yang makan di tempat dan di bungkus. Harga sepiring nasi campur dikenakan Rp. 25.000,- untuk makan di tempat, sedangkan kamu bisa bungkus mulai dari harga Rp. 10.000,- saja. Murah kan!

Warung Pojok

Lokasi: Jl. Nangka Selatan No.168, Denpasar
Telpon: (0361) 264148
Buka: Setiap hari, 07:00 – 18:00

Lihat Lokasi di Google Map 

 

15. Warung Wardani

Berada di lokasi jantung kota Denpasar juga jauh dari keramaian tempat wisata, gak bikin Warung Wardani sepi pengunjung. Banyak wisatawan lokal maupun asing yang bela-belain jauh datang untuk menikmati nasi campur khas Bali ini. Hampir sama dengan Warung Pojok, warung ini pun menyediakan menu nasi campur ayam, nasi campur sapi ataupun keduanya

Menu Nasi Campur di Warung Wardani Denpasar

Photo credit: IG @jackmagnifico

Untuk harga, nasi campur satu ini dibandrol cukup mahal dibandingkan lainnya. Seporsi nasi campur akan dikenakan sekitar Rp. 30.000 s/d Rp. 40.000. Oh ya, sekarang mereka juga buka cabang baru loh di dekat Ngurah Rai International Airport.

Warung Wardani

Lokasi: Jalan Yudistira No.2, Denpasar
Telpon: (0361) 224398
Buka: Setiap hari, 08:00 – 16:00

Lihat Lokasi di Google Map 

 

16. Warung Men Weti

Tidak terlalu jauh dari Warung Mak Beng, tepatnya di Pantai Sindhu, Sanur, kamu juga wajib mencoba Warung Men Weti yang sudah terkenal dari zaman dulu. Nasi campur ini sangat terkenal untuk di area Sanur. Buka dari jam 8 pagi, kamu akan melihat antrian pengunjung yang bahkan terkadang sudah datang sebelum warung dibuka.

Menu Masakan Halal di Men Weti Sanur

Photo credit: IG @deliciousbali

Nasi Campur di Warung Men Weti ini disajikan dengan berbagai macam lauk seperti sayur urap bali, ayam suwir betutu, pindang sambal tomat, sambal matah, telur pindang, kripik kulit ayam dan kacang tanah goreng. Walaupun baru saja ditinggal oleh sang pendiri, Ibu I Made Weti namun warung ini masih ramai dikunjungi karena cita rasanya yang khas.

Menu Masakan Halal di Men Weti Sanur

Photo credit: IG@feniafelencia

Warung Men Weti

Lokasi: Jl. Pantai Sindu, Sanur
Buka: Setiap hari, 06:00 – 10:00

Lihat Lokasi di Google Map 

Siap mencicipi masakan Halal di Bali?

Bagaimana, Bali gak kekurangan tempat makan halal kan? Kalau kamu punya rekomendasi tempat makan Halal lainnya, jangan ragu untuk kasi tau kami di komen di bawah yah! Selamat wisata kuliner di Bali yah!

Bagaimana Menurutmu?

BACA JUGA:
20 Alasan Bali Adalah Tujuan Liburan Terbaik

Tentang penulis

Liburan Bali

Liburan Bali bertujuan untuk menginspirasi netizen untuk berlibur ke Bali dengan memberikan tips dan rekomendasi wisata, kuliner dan aktifitas terbaik di Bali.

www.LiburanBali.net

Tinggalkan komentar