20

Tempat Kuliner Makanan Khas Bali

Wajib Coba saat Liburan ke Bali

Last Updated: 13 October 2019

Hi Sobat Elbeh!

Cieee.. Yang mau ke Bali! Lagi browsing-browsing tempat makan yang wajib dicoba yah?

Tenang Sob, mimin tau waktu kamu liburan di Bali sangat terbatas. Dan kamu juga harus cafe hopping ke cafe-cafe yang instagrammable.

Jadi di artikel ini mimin bakal rangkumin cuman 20 Tempat Kuliner Makanan Khas Bali yang harus banget kamu coba.. Khusus-nya kamu yang baru pertama kali ke Bali.

Tips aja nih dari mimin, hampir 80% dari tempat kuliner makanan khas Bali di bawah ini cuman buka setengah hari loh! Jadi pastikan kamu alokasikan perut buat sarapan dan makan siang di tempat-tempat berikut ini.

1

Warung Mak Beng

  • Menu Favorit: Ikan Goreng dan Sop Kepala Ikan

Nah, siapa yang gak kenal dengan Warung Mak Beng di Bali. Kalau kamu minta supir atau ojol buat ke Mak Beng, mereka pasti siap nganterin.

Warung Mak Beng ini sudah mulai jualan dari tahun 1941 loh! Wow!

Menu-nya cuman satu, Sob! Jadi uda gak ada cerita kamu duduk dan milih menu lagi. Tinggal bilang sama mbak-nya kamu minta berapa porsi. Dalam hitungan 10 menit, makanan siap tersaji. Gile, ngalah-ngalahin fast food yah!

Uniknya nih, setiap paket yang kamu pesan bakal terdiri dari menu andalan mereka yaitu Sup Kepala Ikan dengan bumbu Kuning khas Bali, Ikan Goreng, Nasi dan tentu Sambel special Mak Beng!

Photo credit: IG @mc_ivansuwandi
Makanan khas Bali Mak Beng, Sanur
Photo credit: IG @felixtanthecat

Yang mimin paling suka dari menu ini tuh Ikan-nya berasa seger dan empuk banget, karena ternyata nih setiap Ikan Jangki yang disajikan itu fresh hasil tangkapan nelayan Sanur pada hari itu Sob! 

Selain itu, ikan-nya juga gak bau amis. Mungkin karena sudah diolah juga dengan menggunakan beberapa rempah-rempah seperti jeruk nipis dan daun salam.

Walaupun buka dari jam 8 pagi sampai 10 malam, kamu kalo kesini harus siap antri yah. Jarang banget mimin dapet tempat duduk tanpa harus ngantri. Kalo musim liburan, kudu ngantri sampe 30 menit loh!

Harga untuk satu porsi di Warung Mak Beng ini hanya Rp. 55.000 kog. Cukup worth it kan?

Warung Mak Beng

  • Jalan Hang Tuah No.45, Sanur - Bali
  • (0361) 282633
2

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

  • Menu Favorit: Nasi Campur Ayam

Oke, berikutnya yang juga masih mengusung tema tempat kuliner khas Bali dengan SATU menu adalah Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku yang ada di Ubud. 

Warung dengan menu Nasi Campur Ayam ini udah hits dari tahun 1964 loh. Kakek-nya mimin dulu cerita si Ibu Mangku ini jualan dipinggir jalan doang ((dan pindah-pindah)) tapi tetep rame.

Sampai akhirnya dia bikin tempat makan yang proper seperti sekarang ini.

Konsepnya cukup unik dengan ada bale-bale dimana kamu bisa menikmati menu makanan sambil duduk lesehan. Nyaman banget.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku Ubud
Photo credit: IG @lennchee
Makanan khas Bali Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku
Photo credit: IG @glawreuhs

Ngeliat gambar-nya aja bikin ngiler kan Sob? Isian-nya banyak yah! Nih mimin list satu per satu yah. Untuk menu lengkapnya kamu bakal dapet: Nasi putih ((jelas)), Ayam (dengan pilihan bumbu garang asem atau betutu), ayam suwir, sate lilit ayam, pepes ayam urap, ongseng ati ampela, kacang goreng, sayur buncis potong dan telur. 

Banyakk kann?

Dan harganya, cuman Rp 25.000 Sob! Murah Meriahh~ 

Kekurangan dari Nasi Kedewatan Ibu Mangku cuman satu sih menurut mimin. Tempat Parkir ya owoh susah benerrr!

Btw sekarang mereka buka beberapa cabang juga loh. Ternyata ada juga di Petitenget, Seminyak dan Renon, Denpasar. Silahkan pilih yang paling deket sama tempat liburan-mu

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

  • Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Ubud - Bali
  • (0361) 974795
3

Warung Nasi Ayam Bu Oki

  • Menu Favorit: Nasi Campur Ayam

Kamu perlu tau nih Sob, si Ibu Mangku punya lawan yang cukup sejajar di Bali namanya Bu Oki. ((Tapi mereka bukan musuhan yahhh))

Maksudnya mereka berdua menjual menu yang bisa dibilang 90% mirip. Nasi Ayam Bu Oki ini juga hanya memiliki satu jenis menu dengan isian serupa dengan Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku.

Yang menurut lidah mimin berbeda antara 2 warung nasi campur ayam ini adalah kekuatan penggunaan rempah-rempahnya sih. Kalo mimin ngerasa Nasi Ayam Bu Oki ini bumbu betutu dan pedes-nya lebih nampol. Apa Sobat Elbeh juga merasa begitu?

Nasi Ayam Bu Oki Nusa Dua
Photo credit: IG @ajakmakan
Warung Nasi Ayam Bu Oki: Makanan khas Bali Halal
Photo credit: IG @megacooks

Untuk lokasi juga mereka ada di 3 tempat: Nusa Dua, Jimbaran dan Tuban. Silahkan milih sesuai tempat terdekat-mu yah Sob.

Harga-nya juga sama kog, cukup Rp 25.000 per porsi. Namun nih kalo kamu minta bungkus, kamu bisa rikues yang harga Rp 10.000 ataupun Rp. 15.000 dapetnya lumayan banyak ((hampir mirip-mirip sama yang Rp. 25.000))

Warung Nasi Ayam Bu Oki

  • Jl. Celagi Basur No.3Y, Jimbaran - Bali
  • 0813-5321-3247
4

Warung Nasi Ayam Men Weti

  • Menu Favorit: Nasi Campur Ayam

Salah satu makanan khas Bali paling legendaris di Bali, ya Men Weti ini Sob. Sudah mulai jualan dari jaman kakek-nya mimin suka nongkrong di pinggir pantai Segara Ayu, Sanur.

Dari dulu sampai sekarang (ketika ibu Weti yang jualan pertama sudah almarhum), rasa makanannya tetep konsisten enak sih.

Gak heran kalo tiap pagi, terlihat antrian panjang berwarna hijau ((alias abang-abang ojol yang ngantri orderan pelanggan)). 

Suasana disini seru, tapi tegang Sob. Maklum Ibu-ibu yang kerja disini terkenal judes. Hahahahaha… jangan sekali-kali rewel minta gak pake ini gak pake itu, bisa-bisa disambit tulang ayam. Terima aja dikasi apa aja Sob. Semua enak kog.

Warung Nasi Ayam Men Weti Sanur
Photo credit: IG @deliciousbali
Photo credit: IG @ceritamakan

Tiap porsi kamu bakal dapet Nasi dengan lauk yang sangat beragam, mulai dari Ayam suwir Betutu, telur pindang, emping, sayur urap, benyuh dannnn favorit mimin kulit ayam super crispy!

Perpaduan berbagai makanan dengan rasa yang berbeda-beda ini sangat harmonis ((eaaa)) di lidah. Dijamin kamu gak pernah nyobain makanan khas ini di luar Bali.

Cukup Rp. 20.000 kamu sudah dapet satu porsi dan kalau mau lebih puas, kamu order deh sate lilit-nya juga. Ingetttt pake senyuman termanis biar gak disambit!

Warung Nasi Ayam Men Weti

  • Jl. Letda Reta No.52, Sanur - Bali
  • 0853-3850-9922
5

Warung Liku

  • Menu Favorit: Nasi Ayam Betutu

Mau makan kenyang, enak tapi MURAH MERIAH? Ini jawaban-nya Sob!

Nasi Ayam Betutu Warung Liku ini juara banget! Salah satu solusi akhir bulan mimin kalo belom gajian. Hehehehe #NaikanGajiMiminElbeh!

Lokasinya cukup strategis Sob, yaitu di jalan Nakula yang deket banget dari Sunset Road ((pasti tau kan?)).

Dengan harga cuman Rp. 15.000 aja kamu sudah dapet sepiring nasi Ayam Betutu dengan siraman kuah bumbu genep yang pekat banget. 

Makanan khas Bali: Warung Liku Kuta
Photo credit: IG @sovifooddiary
Warung Liku Ayam Betutu Bali
Photo credit: IG @marthasherman

Hati-hati buat yang gak kuat pedes yah! Siap-siap bercucuran keringat. Jangan sampe kamu bayar lebih mahal buat minum daripada makan-nya. Hehehehe…

Btw, sempet ngobrol sama embak yang jualan, ternyata disini banyak banget yang suka bungkus Ayam Betutu yang utuh buat dibawa sebagai oleh oleh khas Bali saat kembali ke kota asal masing-masing loh. Gak begitu mahal sih, satu ayam cuman Rp. 65.000 per ekor.

Nah, karena harganya yang cukup murah ini, gak heran kamu kalo dateng diatas jam 12, bakal sering kehabisan Sob! Mangkanya kalo mau dateng, pagian dikit yah!

Warung Liku

  • Jalan Nakula No.19A, Seminyak - Bali
  • 0851-0084-2009
6

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

  • Menu Favorit: Nasi Ayam Betutu & Bebek Betutu

Mumpung masih membahas Ayam Betutu, kalau kamu gak kebagian seporsi di Warung Liku, bisa nyobain di Ayam Betutu Khas Gilimanuk yang sudah banyak cabang-nya ((gak bakal kehabisan nih)).

Isi-an yang disajikan hampir sama dengan Warung Liku, yaitu Nasi, Ayam Betutu, plecing kangkung, kacang tanah dan sambal matah khas Bali.

Makanan khas Bali: Ayam Betutu khas Gilimanuk
Photo credit: IG @melipirjajan
Photo credit: IG @rudycah09

Ada satu perbedaan dibanding Warung Liku, yaitu cara jualan-nya. Disini kamu bisa memesan ¼ ekor (Rp. 33.000), ½ ekor (Rp. 53.000) atau langsung satu ekor ayam betutu (Rp. 97.000) untuk disantap di tempat.

Biasa-nya sih mimin seneng ngajakin kalau lagi rombongan buat makan disini. Jatuhan-nya bisa lebih murah Sob!

Oh ya, disini juga tersedia Bebek Betutu sih, tapi kalo mimin tetep idola-in ayamnya ajah. Hehehehe…

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

  • Jl. Raya Tuban No.2X, Tuban - Bali
  • (0361) 757535
7

Nasi Pedas Ibu Andika

  • Menu Favorit: Nasi Campur Pedas

Buat yang sering ke Bali jaman taon 2010-an pasti gak asing sama makanan khas Bali ini deh? Iya lah, wong waktu itu warung yang satu ini jadi incaran setiap turis domestik yang liburan di Bali.

Sekilas, kalau kamu mampir ke Nasi Ibu Andika, pasti kerasa kayak lagi mampir ke Warteg pada umum-nya. Ada banyak pilihan lauk yang bisa kamu pilih-pilih. Namun satu yang bikin banyak orang kembali dan kembali lagi kesini. 

Yups, Sambel-nya juaraaa dan bikin nagih banget

Makanan khas Bali: Warung Nasi Pedas Ibu Andika
Photo credit: IG @brojajan
Warung Nasi Pedas Ibu Andika
Photo credit: IG @eriwijaya

Yang unik ((tapi kadang ngeselin)) disini adalah harga-nya. Cuma Tuhan dan kasir aja yang tau harga tiap lauk yang dipilih disini.

Boro-boro buku menu, harga-pun tidak akan ditampilkan di rak sajian makanan. Setelah puas memilih, kamu akan diberikan kartu berisi harga makanan yang sudah kamu pilih. Hehehehe..

So, hati-hati jangan sampe kalap Sob!

Nasi Pedas Ibu Andika

  • Jl. Blambangan No.55, Kuta - Bali
  • 0812-4605-7860
8

Nasi Pecel Bu Tinuk

  • Menu Favorit: Nasi Pecel

Kalau nanya sama supir rekomendasi makanan khas Bali yang halal dimana, pasti kebanyakan akan mengajak kamu ke Nasi Pecel Bu Tinuk ini.

Uda pasti kehalal-annya. Bahkan di depan warung-nya sudah dipaparkan sertifikat Halal dari MUI loh.

Ada berbagai menu yang bisa kamu icip-icip disini, mulai dari rawon, sop buntut, bebek goreng dan banyak lagi. Tapiiii… menu paling favorit mimin disini tentu sesuai dengan nama-nya yah! Nasi Pecel~

Makanan khas Bali: Nasi Pecel Ibu Tinuk
Photo credit: IG @hobijajan
Makanan khas Bali: Nasi Pecel Ibu Tinuk
Photo credit: IG @aristiawan_putra

Nasi Pecel-nya Bu Tinuk ini enak banget Sob. Bumbu kacang-nya terasa agak pekat dan gurih, bikin satu porsi rasa-nya masih kurang. Sebagai pelengkap kami juga bisa memesan berbagai ‘teman’ lain seperti paru, ayam goreng, tempe bacem, empal, tahu, terong balado, dan masih banyak lagi.

Warung Nasi Pecel Bu Tinuk ini cukup ramai, terutama di jam-jam makan. Coba kamu mampir di jam yang agak random yah Sob (lagian mereka buka sampai jam 12 malem kog). 

Nasi Pecel Bu Tinuk

  • Jalan Raya Kuta, Kuta - Bali
  • 0878-6174-8889
9

Warung Wardani

  • Menu Favorit: Nasi Campur Ayam & Sapi

Dari mimin kecil, mimin uda terbiasa makan di Warung Wardani

Mangkanya waktu temen-temen dari Jakarta bela-bela-in mampir ke Denpasar cuman buat makan di Warung Wardani, mimin sangat kagum.

Gak heran sih sebenernya, secara masakan disini bener-bener enak dan nagih. Kadang mimin sendiri mesen sampai 2 porsi ((duluuu, waktu harganya belum semahal sekarang)).

Ada 2 macam menu yang dihadirkan, yaitu Nasi Campur Ayam dan Nasi Campur Sapi. Beda-nya? Ya cuman di bahan ayam dan sapi-nya aja sih. Tapi kalau kamu galau, kamu bisa minta yang campur kedua-nya ((puasss?))

Warung Wardani di Denpasar Bali
Photo credit: IG @mastersusanhendarto
Makanan khas Bali: Warung Wardani Bali
Photo credit: IG @jackmagnifico

Isian-nya juga cukup banyak Sob, mulai dari Telor, Ayam Suwir, Udang goreng renyah, sate tusuk, sate lilit, sayur dan ((favorit mimin)) dendeng balado yang enak, manis, renyah, enakk deh pokoknya!

Untuk sambel-nya menurut mimin kurang pedes, tapi terasa gurih. Mungkin biar semua orang sampai anak-anak bisa makan yah.

Oh ya, sekarang kamu gak perlu pusing lagi jauh-jauh ke Denpasar cuma buat mampir ke Warung Wardani, karena sekarang di dekat Airport Ngurah Rai juga sudah ada cabang-nya kog.

Warung Wardani

  • Jl. Yudistira No.2, Denpasar - Bali
  • (0361) 224398
10

Warung Pojok

  • Menu Favorit: Nasi Campur Ayam & Sapi

Ini dia, menu andalan makan siang mimin. Maklum deket kantor dan harga-nya sangat bersahabat.

Berawal dari warung kecil di Jalan Gajah Mada, dekat pasar Badung. Warung Pojok sekarang sudah ada beberapa cabang dan sering banget dijadiin menu makanan kalau lagi ada acara. Yups, biasa dipesen buat jadi nasi kotak hajatan gitu Sob!

Isian-nya sih agak berbeda dari Nasi ayam campur diatas, Warung Pojok menyajikan abon sapi, tempe kering, mie dan ayam goreng.

Warung Pojok Denpasar
Photo credit: IG @valaminooo
Makanan khas Bali: Warung Pojok Nangka
Photo credit: IG @shem_arciel

Namun ada 2 hal yang bikin Warung Pojok memiliki tempat khusus di hati mimin.

Yaitu, Paru sapi dan Sambel-nya yang siap bikin keringet kamu berceceran dan hidung agak beler. Hehehehe… Sumpah itu paru gimana cara masak-nya yah bisa gurih di luar tapi empuk di dalam-nya (dan gak amis). Dan sambal Warung Pojok, ohmaigaddd… the best sih menurut mimin.

Pssttt.. Hati-hati kalau kamu dateng atau mesen kepagian, biasa-nya paru-nya belum siap Sob. Jadi jangan buru-buru, paling pas ya buat makan siang sih.

Warung Pojok

  • Jl. Gajah Mada No.16 / Nangka Selatan No. 168
  • 0878-6050-0033
11

Sate Babi Bawah Pohon

  • Menu Favorit: Sate Babi

Pasti kamu sudah gak asing kan dengan nama Sate Babi Bawah Pohon

Awal muasal-nya dulu mereka mulai jualan Sate Penyu dibawah pohon beringin yang ada di lapangan parkir Legian. Namun, setelah Penyu menjadi langka dan dilindungi, si Ibu mulai mengganti dengan bahan Babi.

Bumbu yang digunakan masih dipertahankan, sehingga membuat Sate Babi Bawah Pohon ini memiliki citra rasa yang berbeda dari sate babi pada umum-nya. Bumbu-nya lebih pekat dan kamu akan diberikan garam dan cabe hijau untuk dikonsumsi barengan. 

Nah perpaduan rasa garam, bumbu dan sate ini lah yang bikin banyak orang gak bisa move-on liburan di Bali. Bahkan gak heran tiap hari liat antrian panjang di lapangan ini.

Sate Babi Bawah Pohon: Kuliner Babi di Bali (Non Halal)
Photo credit: @steffredorico
Sate Babi Bawah Pohon: Kuliner Babi di Bali (Non Halal)
Photo credit: @nyonyokecil

Namun, tahun 2018 si Sate Babi Bawah Pohon ini harus pindah lokasi karena lapangan itu sudah tidak diperbolehkan untuk jualan.

Sehingga sekarang mereka pindah ke warung yang cukup besar di Jalan Dewi Sri IV. Jujur untuk parkir agak lebih susah sekarang. 

Dan harganya jauh lebih mahal sekarang Sob. Hanya dalam waktu kurang dari 5 tahun, harganya sudah melonjak 4x lipat. Sekarang harga-nya sudah Rp. 40.000 per porsi isi 8 tusuk. Cukup mahal, tapi rasa-nya tetap terjaga sih.

Sate Babi Bawah Pohon

  • Jl. Dewi Sri IV Jl. Campuhan I, Legian - Bali
  • 0819-3625-3567
12

Sate Plecing Arjuna

  • Menu Favorit: Sate Babi

Huahuahuahhaua.. Buat yang uda pernah kesini, pasti tau ada satu hal yang khas dari tempat kuliner khas Bali dengan nama Sate Plecing Arjuna ini. 

Yupsss.. Ncimm yang jualan galakkk banget ((ngalah-ngalahin Mbok di Men Weti))

Jangan-kan minta tambahan sambel, mau nambah pesenen aja bisa di nyinyirinn Sob!

Tapi selepas itu semua, sate Babi di Sate Plecing Arjuna ini juara banget! Rasanya manis, empuk dan gurih. Belum lagi dipaduin dengan bumbu plecing yang pedas. Nyamm nyamm~

Sate Plecing Arjuna, Denpasar
Photo credit: IG @horizonhoman
Makanan khas Bali: Sate Plecing Arjuna, Denpasar
Photo credit: IG @jackmagnifico

Untuk 10 tusuk, kamu kudu siap bayar Rp. 26.000 yah.. Masih lebih murah sih sebenernya dibandingin dengan Sate Babi Bawah Pohon yah.

Nah, selain Sate Babi Plecing, disini juga menjual Soto dan Sate Sapi sebenernya, tapi kalau uda siap menghadapi judesnya ncim Sate Arjuna, mendingan pesen sekalian Sate Babi-nya aja. Biar worth it cuy!

Sate Plecing Arjuna

  • Jl. Arjuna No.47, Denpasar - Bali
  • 0878-6778-9002
13

Bebek Tepi Sawah

  • Menu Favorit: Bebek Goreng

Bebek Tepi Sawah adalah salah satu tempat makanan khas Bali yang seringgg banget dikunjungi oleh artis-artis Indonesia sampai mancanegara. Sudah gak heran deh kalau kamu mampir kesini dan tiba-tiba ada aja artis yang nongkrong disini.

Sebenarnya ada berbagai macam menu yang dihadirkan disini. Namun yang juwara adalah Bebek Goreng yang disajikan dengan tiga pilihan sambal. Mulai dari sambal goreng Embe yang terbuat dari bawang goreng, sambal ulekan cabe merah, tomat, terasi dan garam dan ((favorit mimin)) sambal matah.

Jokowi di Bebek Tepi Sawah
Photo credit: IG @sewordofficial_
Makanan khas Bali: Bebek Tepi Sawah
Photo credit: IG @henjiwong

Paling enak makan bebek goreng ini selagi panas, dan pemandangan sawah hijau yang terpapar dibelakang restaurant ini. Karena bentuknya yang berupa bale-bale, udara dan angin disini sepoi-sepoi bakal bikin kamu ngantuk setelah kekenyangan makan.

Untuk makan disini sebenernya lumayan mahal Sob. Seporsi bebek-nya kurang lebih Rp.105.000 belum termasuk pajak resto dan ppn. Tapi mumpung uda di Bali, why not?!

Bebek Tepi Sawah

  • Jl. Raya Goa Gajah, Ubud - Bali
  • 0815-5807-0210
14

Babi Guling Pak Dobiel

  • Menu Favorit: Babi Guling

Siapa yang setuju kalau gak lengkap rasanya ke Bali kalau belum makan Babi Guling?

Babi guling buat warga lokal Bali itu uda kayak menu pokok sehari-hari. Kalau mimin sendiri minimal makan Babi guling seminggu 2 kali Sob!

Jadi kalau ngomongin Babi guling paling enak se-Bali, mimin juaranya! Nih kalau kalian mau coba baca artikel mimin 10 Warung Babi Guling ter-enak di Bali.

Nah, Babi Guling Pak Dobiel ini salah satu favorit mimin. Letaknya di Jalan Srikandi, Nusa Dua. Tempatnya tidak terlalu besar dan parkirnya susah banget ((apa lagi kalo siang hari)).

Mangkanya mimin sangat menganjurkan kamu untuk datang pagi-pagi ketika baru buka. Selain lebih mudah dapet tempat duduk, kulit babi guling-nya masih super crunchy Sob! Kalau kesiangan biasa rasa-nya agak sedikit berubah dan kulit-nya kurang kriuk.

Makanan khas Bali Non Halal: Babi Guling Pak Dobiel
Photo credit: IG @eatandtreats
Babi Guling Pak Dobiel
Photo credit: IG @arnoldpo

Oke, kalau mesan makanan disini mungkin ada baiknya kamu tanya dulu Sob harga-nya dari awal. Kenapa? Soalnya si Bapak suka bikin shock waktu bayar karena ngitung-nya suka ngasal hehehehe… Biasanya sih harga yang dipatok itu Rp. 45.000 per porsi-nya Sob.

Seporsi Babi Guling biasanya kamu bakal dapat daging babi, paru, sate babi, kulit samcan dannn… kulit babi renyahh!

Babi Guling Pak Dobiel

  • Jl. Raya Nusa Dua Selatan No.9, Benoa - Bali
  • (0361) 771633
15

Babi Guling Pak Malen

  • Menu Favorit: Babi Guling

Next, babi guling yang lagi naik daun… mungkin lebih karena daerah-nya yang berada di dekat tempat wisata yah… yaitu Babi Guling Pak Malen.

Nah Babi Guling Pak Malen ini selalu aja ramai pengunjung, tapi gak kayak Dobiel, parkir-nya masih lumayan gampang Sob! Ya nama-nya aja di pinggir jalan utama Sunset Road.

Isi-an dari satu porsi babi guling di Pak Malen juga cukup standard yah: nasi putih, daging babi guling, sosis babi, sate babi, urutan, lawar, samcan babi dan KULIT BABI! Oh, dan sup kuning yang adalah kaldu hasil rebusan tulang dan daging babi.

Dari segi harga juga lumayan tinggi sih, satu porsi-nya kamu harus siap ngeluarin duit Rp. 40.000 yah. Dan, kalau kamu pengen bawa pulang satu babi guling utuh, Pak Malen juga jual loh dengan bandrol Rp. 1 juta per ekor

Gimana? Mau bawa babi guling balik ke kota kamu?

Babi Guling Pak Malen

  • Jl. Sunset Road No.554, Seminyak - Bali
  • 0851-0045-2968
16

Nuri’s Seminyak

  • Menu Favorit: BBQ Pork Ribs

Masih seputar menu kuliner babi, kita bahas Pork Ribs yang sudah amat sangat terkenal dari jaman dulu yuk? Namanya Nuri’s  Seminyak ((gak asing kan? Sempet buka juga di Jakarta Sob, tapi rasa yang di Bali jauuuuu~h lebih enakkk))

Ibu Nuri’s dan suami-nya ((seorang warga Amerika)) pertama kali buka warung kecil di daerah Ubud. Namun sekarang, cabang-nya ada beberapa di Seminyak dan Jimbaran loh.

Menu yang dijual sebener-nya sangat beragam. Mulai dari ikan, ayam sampai BABI! Dan yang paling favorit disini adalah BBQ Pork Ribs berbalur saus kecap manis. Nyammm~

Makanan khas Bali: Nuri's Seminyak
Photo credit: IG @inijie
Nuri's Seminyak Pork Ribs Terbaik di Bali
Photo credit: IG @agiistaa

Coba deh baca ulasan lengkap kami tentang Naughty Nuris Seminyak ini. Kami ulas tuntas disini.

Tapi inti-nya, menurut kami mereka punya Pork Ribs udah yang paling enak sih se-Bali. Harga-nya per porsi Rp. 159.000 tapi dijamin kamu bakal puass banget sampai jilat-jilat jari. Hehehehe…

Naughty Nuri's Seminyak

  • Jalan Mertanadi No. 62, Kerobokan, Seminyak - Bali
  • (0361) 8476783
17

Warung Cahaya

  • Menu Favorit: Babi Goreng Sambal Matah

Berikut-nya kita bahas babi goreng sambel matah yuk! Salah satu menu yang paling di incer-incer sama kaum milenial yang dateng ke Bali.

Sebenernya ada dua favorit mimin di Bali untuk warung yang nge-jual Babi Goreng yaitu Warung Cahaya dan Ibab Bali. Namun untuk yang lebih ramah di kantong, kita bahas Warung Cahaya dulu aja yah.

Warung Cahaya ini tempat-nya cukup kecil, sehingga agak susah buat kamu dapet tempat duduk di saat-saat jam makan siang. Tempat parkir-nya pun terbatas. So, kalau mau kalian nge-brunch aja disini hehehehhe…

Warung Cahaya: Kuliner Babi di Bali (Non Halal)
Photo credit: @anuenue70
Warung Cahaya: Kuliner Babi di Bali (Non Halal)
Photo credit: @inijie

Yang asik disini, gak cuma jual babi goreng aja. Ada banyak menu mulai dari Ayam sambal matah, ayam dan babi mentega, sate babi sampai sop kuah balung! 

Tapi tetep favorit mimin… ya Babi goreng Sambal Matah!

Rasa garing, renyah dan kombinasi dengan sambal matah-nya itu bikin lidah kita serasa nano-nano enak rasanya!! Hehehehe…

Warung Cahaya

  • Jl. Dewi Ratih No.1, Legian - Bali
  • 0852-0583-0136
18

Menega Cafe

  • Menu Favorit: Grilled Seafood

Nah, ini cocok banget buat yang bingung nyari tempat makan malam pinggir pantai di Bali dengan harga yang masih masuk akal di kantong.

Di daerah Jimbaran, ada dua tempat besar yang isinya adalah kompleks warung makan Seafood bakar.

Kebanyakan orang suka bingung milih yang mana yang enak. Kalau yang paling enak itu subjektif yah… tapi yang paling rame dan tempat-nya lumayan proper itu Menega Cafe.

Makanan khas Bali: Grilled Seafood di Menega Cafe Jimbaran
Photo credit: IG @surabayafoodies
Menega Cafe Jimbaran
Photo credit: IG @qinatthedisco

Sebelum masuk ke area warung, kamu bisa memilih menu apa yang mau kamu santap. Setiap seafood dihidangkan di meja stainless besar berisi es, sehingga bahan-bahan itu terjaga kesegaran-nya.

Setelah memilih, bahan-bahan akan ditimbang dan lanjut di bakar dengan bumbu khusus. 

Yang bikin makan disini makin enak tuh karena kita bisa langsung bersantap di pinggir pantai dengan ditemani pemandangan matahari terbenam (sunset). 

Untuk makan disini, kamu bisa habis sampai Rp. 200.000 per orang kalau kamu kalap. Maka mimin saranin buat memilih salah satu dari menu paket yang ditawarkan.

Menega Cafe

  • Jl. Four Seasons Muaya Beach, Jimbaran - Bali
  • (0361) 705888
20

Warung Laota

  • Menu Favorit: Bubur

Last but not least, mimin mau bahas tempat kuliner makanan khas Bali yang sering disamperin karena buka 24 jam! Warung Laota!

Sering banget nih temen-temen mimin dari luar kota yang baru sampai di Bali agak malem bingung nyari makanan dimana. Ujung-ujung-nya mampir di Warung Laota.

Untuk menu yang paling terkenal disini adalah Bubur Laota. Ada berbagai pilihan rasa yang bisa kamu pilih kog, mulai dari bubur ayam, sapi cincang, belut, kodok sampai seafood.

Makanan khas Bali: Bubur Warung Laota Tuban Bali
Photo credit: IG @henjiwong
Dimsum di Bali: Warung Laota
Photo credit: IG @henjiwong

Gak suka bubur? Ada banyak pilihan menu kog. Malah mereka juga ada Dim Sum loh! Salah satu Dimsum paling enak di Bali yah di Warung Laota ini.

Harganya untuk bubur sebenernya cukup tinggi nih Sob. Rp. 30.000an untuk seporsi mangkok besar. Tapi bener deh, kamu rugi banget kalau gak nyobain bubur-nya. 

Warung Laota

  • Jl. Raya Kuta No.530, Tuban - Bali
  • 0851-0042-9068

Sudah siap nyobain Kuliner Makanan Khas Bali yang Mana nih besok liburan?

Okee.. sampai sudah di penghujung artikel ini. Sebener-nya masih banyak makanan khas Bali lain yang wajib kamu coba, Sob. Tapi yah ini top 20 yang mimin sangat rekomendasiin.

Kalau kamu paling seneng makan dimana? Atau kamu punya pilihan lain yang gak ada diatas? Komen dibawah yahhh…

Mengenal Bali Lebih Dalam

Jenis - Jenis Makanan Khas Bali

Oke kita sudah ngebahas tentang tempat kuliner yang enak-enak di Bali yah.

Sekarang kita bahas yuk, emang Makanan khas Bali itu cuman Ayam Betutu dan Babi Guling aja tah?

Wah jangan salah Sob, Makanan khas Bali tuh cukup beragam loh:

1

Ayam Betutu

Ayam Betutu: Makanan Khas Bali Wajib Coba
Photo credit: willmeyrick.com

Untuk di urutan pertama kami akan mulai dengan menu yang paling dikenal oleh orang Indonesia. Siapa yang tidak pernah mendengar tentang Ayam Betutu? Menu yang satu ini gak boleh kelewatan di list wisata kuliner selama di Bali. Bahkan Ayam Betutu sudah “maknyus” certified oleh almarhum Bapak Bondan Winarno.

Bagi kamu pencinta masakan pedas, bersiaplah untuk jatuh cinta dengan Betutu yang berlimpahkan rempah-rempah dengan tekstur pedas yang bikin ketagihan!

Uniknya, bumbu tersebut dimasukan ke bagian dalam perut ayam kampung. Lantas dagingnya dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang menggunakan bara api sekam yang memakan waktu hingga 24 jam, agar bisa menghasilkan rasa gurih, lembut dan pedas yang otentik.

Oh ya, Betutu tidak selalu mengunakan daging ayam, ada juga lho yang menggunakan bebek.

Baca juga: 16 Makanan Halal di Bali yang Wajib Kamu Coba

Rekomendasi Tempat Makan Ayam Betutu di Bali

  • Ayam Betutu Men Tempeh
  • Ayam Betutu Khas Gilimanuk
  • Ayam Betutu Liku
  • Ayam Betutu Bu Oki
  • Ayam Betutu Warung Nasi Pecel Bu Tinuk
2

Babi Guling

Babi Guling: Makanan Khas Bali Wajib Coba
Photo credit: qraved.com

Perlu digaris bawahi dan dicetak tebal, bahwa makanan yang satu ini seratus persen tidak halal. Meski begitu, makanan ini lah yang menjadi tujuan utama kuliner bagi masyarakat Bali maupun wisatawan lokal.

Warna kulit Babi Guling yang kecoklatan sungguh renyah di lidah. Apalagi dagingnya yang begitu empuk dan kaya rempah-rempah. Uniknya, bumbu basa genep Bali dan sayur daun ketela pohon dimasukan ke dalam perut babi dan diguling di atas bara api.

Menu Babi Guling biasanya disajikan dengan nasi putih hangat bersama lawar, sate lilit, dan semangkuk kecil jukut ares.

Baca juga:
7 Tempat Terbaik Kuliner Babi di Bali
10 Babi Guling Terbaik di Bali

Rekomendasi Tempat Makan Babi Guling di Bali

  • Warung Jero Kawan
  • Warung Bu Suci Slingsing
  • Warung Ibu Oka
  • Warung Babi Guling Candra
  • Warung Babi Guling Pak Dobiel
3

Nasi Campur Ayam Bali

Nasi Campur Ayam Bali: Makanan Khas Bali Wajib Coba
Photo credit: Openrice

Nasi Campur adalah salah satu makanan khas Bali yang paling populer. Bagi penduduk asli Bali, ini adalah menu makanan mereka sehari-hari.

Sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu Basa Genep Bali, sayur urap, dan lawar ayam siap untuk disantap menemani nasi putih hangat. Makan Nasi Campur bakal lebih nikmat, ketika kalian mencampurnya dengan sambel matah atau sambel embe khas Bali.

Menariknya lagi, menu ini selalu tampil dengan lauk yang bervariasi di setiap rumah makan di Bali, misalnya ada yang menghidangkannya dengan ayam betutu, telur sambal tomat, kulit ayam goreng, daun umbi pedas, ikan pindang, maupun taburan kacang tanah goreng.

Rekomendasi Tempat Makan Nasi Campur Ayam di Bali

  • Warung Men Weti, Sanur
  • Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku, Ubud
  • Nasi Ayam Bu Oki, Jimbaran
4

Sate Lilit Bali

Sate Lilit: Makanan Khas Bali Wajib Coba
Picture credit: resephariini.com

Berbeda dengan sate pada umumnya yang dagingnya ditusuk, Sate Lilit justru dibuat dengan cara di lilit. Sebelumnya, daging akan dicincang halus terlebih dahulu dan di ramu dengan bumbu Bali. Kemudian, di lilitkan di batang daun serai atau tangkai bambu. Rasanya di jamin empuk dan gurih! Terlebih pada sate lilit yang menggunakan batang daun serai, kamu akan mencium bau wangi yang sedap.

Pada umumnya daging yang digunakan, antara lain daging ayam, babi, ataupun ikan tenggiri. Namun, sate lilit dengan daging ikan tenggiri lah yang menjadi primadona di Bali.

Rekomendasi Tempat Makan Sate Lilit di Bali

Sate lilit sangat mudah ditemukan di berbagai rumah makan khas Bali, restoran, pasar tradisional, maupun pedagang makanan pinggir jalan. Bahkan restoran terkenal seperti Bebek Tepi Sawah juga menghidangkan menu ini.

5

Lawar Kuwir

Lawar Kuwir: Makanan Khas Bali Wajib Coba
Picture credit: resephariini.com

Lawar merupakan campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang di ramu khusus menggunakan bumbu khas Bali.

Memang pada umumnya Lawar diolah dengan menggunakan campuran daging babi, namun ternyata bebek entog (kuwir) juga menjadi daging alternatif yang di favoritkan oleh masyarakat Bali.

Biasanya daging entog yang sudah dicincang akan dicampur dengan potongan-potongan sayur kacang panjang dan parutan kelapa serta dilumuri bumbu Bali.

Lawar Kuwir ini akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih hangat bersama sate lilit, kacang tanah, suwiran Ayam Betutu, dan semangkok jukut ares (sayur batang pisang).

Rekomendasi Tempat Makan Lawar Kuwir di Bali

  • Warung Makan Pan Sinar, Denpasar
  • Warung Lawar Kuwir Men Koko, Tabanan
  • Warung Lawar Kuwir Bu Wit, Tabanan
6

Rujak Kuah Pindang & Rujak Bulung

Rujah Kuah Pindang: Makanan Khas Bali Wajib Coba
Picture credit: resephariini.com

Sudah pernah mencicipi rujak dengan bumbu kuah ikan tuna? Di Bali, kalian bisa mencoba kuliner unik yang banyak dijual di warung kecil di pinggir-pinggir jalan.

Rasakan sensasi pedas sekaligus segar di lidah, saat kamu menyantap irisan mangga dengan campuran Kuah Pindang dan cabe super pedas. Tidak hanya mangga, kamu juga bisa mengganti isiannya dengan campuran berbagai jenis buah atau bahkan rumput laut.

Di Bali, rujak rumput laut yang menggunakan bumbu kuah pindang ini dikenal dengan nama Rujak Bulung. Selamat mencoba sensasi segar yang muncul dari kombinasi rumput laut dan kuah pindang!

Rekomendasi Tempat Makan Rujak Kuah Pindang di Bali

  • Goela Bali, Kuta
  • Warung Rujak Kuah Pindang Bo Hwa, Denpasar
  • Warung Rujak Glogor, Denpasar
7

Serombotan

Serombotan: Makanan Khas Bali Wajib Coba
Picture credit: DetikFood

Apabila di negeri barat sana terkenal dengan salad dan di Jawa sangat identik dengan sayur urap, Bali tidak kalah identik dengan kuliner sayur-sayuran khas bernama Serombotan. Kuliner khas Klungkung ini menyajikan campuran sayur-sayuran seperti kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, terong bulat, tauge, dan pare.

Sementara itu bumbunya dikenal dengan nama Kalas, yakni semacam santan berisi campuran kunyit tumbuk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kencur. Bumbu ini dikombinasikan lagi dengan bumbu kacang dan bumbu pedas.

Rekomendasi Tempat Makan Serombotan di Bali

Meski pusat Serombotan berada di daerah Klungkung, tetapi kuliner ini sudah mudah didapatkan di berbagai pelosok area Bali, terutama dijual di pasar-pasar tradisional maupun rumah makan khas Bali.

8

Tipat Blayag

Tipat Blayag: Makanan Khas Bali Wajib Coba
Picture credit: otonomi.co.id

Kalian mungkin sudah cukup familiar mendengar kuliner Tipat Cantok di Bali. Namun bagaimana dengan Tipat Blayag khas Buleleng?

Bentuk Tipat Blayag tidak diulat layaknya ketupat persegi, tetapi lebih mirip lontong yang dililit memanjang dengan janur muda atau daun enau muda. Tidak seperti tipat cantok yang menggunakan bumbu kacang, Blayag memiliki bumbu yang berasal dari olahan tepung beras dan campuran bumbu bali. Tekstur bumbunya yang sangat kental mirip santan ini sangat nikmat ketika bertemu potongan-potongan tipat blayag, sayur urab, ayam sisit, gorengan ceker ayam, kerupuk kulit ayam, dan kacang kedelai.

Rekomendasi Tempat Makan Tipat Blayag di Bali

Kuliner yang satu ini dapat dengan mudahnya ditemukan di Singaraja. Meski begitu, beberapa rumah makan berlabel Singaraja yang ada di seputaran Denpasar dan Kuta juga menyajikan menu ini.

9

Nasi Jinggo

Nasi Jinggo: Makanan Khas Bali Wajib Coba
Picture credit: ibalitour.com

Bagi kalian yang ingin menikmati makanan khas Bali yang murah meriah, maka kami rekomendasikan Nasi Jinggo. Keunikan Nasi Jinggo adalah kemasannya bungkus daun pisang dan sambalnya yang super pedas. Nasinya disajikan hanya sekepalan tangan orang dewasa, sementara lauk pauknya umumnya terdiri dari daging ayam suwir, mie goreng, dan tempe goreng. Kamu tidak akan merasa kenyang dengan hanya menyantap satu bungkus Nasi Jinggo.

Tidak ada yang tahu pasti makna dari istilah Jinggo (Jenggo), namun konon berasal dari bahasa Hokkien jeng go yang artinya seribu lima ratus. Memang pada tahun 1997, ketika nasi ini mulai populer, sempat di bandrol dengan harga Rp 1.500, tapi sekarang rata-rata dijual di kisaran Rp 3,000 – Rp 5,000.

Rekomendasi Tempat Makan Nasi Jinggo di Bali

Nasi Jinggo ini tergolong street food di Bali, sehingga kamu bisa dengan mudah menemukannya di pinggir-pinggir jalan. Biasanya pedagang nasi jinggo ini akan membuka stand kecil dan se adanya di pinggir jalan.

10

Nasi Tepeng

Nasi Tepeng: Makanan Khas Bali Wajib Coba
Picture credit: OkezoneLifestyle.com

Nasi Tepeng adalah makanan khas dari Gianyar yang di sajikan cukup lembek seperti bubur. Racikan bumbu rempah-rempah ala Bali yang disiram di atas Tepeng menjadi daya pikat utamanya. Tak heran rasa pedasnya itu ampuh menggoyang lidah.

Kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut adalah beberapa sayuran yang kerap melengkapi Nasi Tepeng ini. Sementara untuk lauk pauknya biasanya ada telur dan suwiran ayam goreng. Cara penyajiannya pun unik, yakni dengan menggunakan daun pisang.

Rekomendasi Tempat Makan Nasi Tepeng di Bali

  • Pasar Senggol, Gianyar