Ultimate Guide

Hari Raya Nyepi

Buat kalian yang pengen nikmatin liburan dengan suasana yang unik, kamu harus nyoba liburan saat Hari Raya Nyepi deh! Eh.. Pasti pada mikir kan:

“Ih, ngapain sih Nyepi di Bali? Diem-dieman doang gak boleh ngapa-ngapain.”

Hei kamu yang lagi baca, sebenarnya Nyepi di Bali justru menjadi daya tarik para turis internasional loh.

Di hari penuh ketenangan tersebut, kalian bisa bersantai-santai melihat bintang, tanpa harus jauh-jauh lari ke daerah tinggi. 

Tapi, kira-kira apa yang harus dicari tahu sebelum hari Nyepi dimulai ya?

Nih beberapa hal yang kamu perlu tau dan bisa lakuin saat Hari Raya Nyepi:

  1. Makna Hari Raya Nyepi
  2. Cari Tau Tanggal Hari Raya Nyepi
  3. Upacara Sebelum Nyepi: Upacara Melasti
  4. Parade Ogoh-Ogoh
  5. Festival Omed-Omedan: Tradisi Ciuman Massal
  6. Hal-hal Yang Gak Boleh dilakukan Saat Nyepi
  7. Hal-Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Nyepi
  8. Berburu Paket Nyepi di Bali
  9. Ikutan Aktifitas In-House Hotel

Makna Hari Raya Nyepi

Secara harafiah, kata Nyepi memiliki arti sunyi, senyap, dan tidak berkegiatan. Itu lah yang dilakukan umat Hindu saat Hari Raya Nyepi tiba – pukul 6 pagi hingga 6 pagi keesokan harinya. 

Menurut sejarah, Nyepi dimulai sejak tahun 78 Masehi berdasarkan kalender Saka. Nyepi juga dikenal sebagai tahun baru para umat Hindu.

Banyak pertanyaan berdatangan mengenai makna Nyepi tersendiri. Di hari raya penuh kesucian ini, umat Hindu memohon kepada Ida Sanghyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa) untuk menyucikan alam manusia dan alam semesta. 

Jadi hargai sesama teman kita umat Hindu yang sedang berdoa saat Nyepi yak! Tapi bukan berarti kalian bakalan mati gaya kok saat Nyepi.

Cari Tau Tanggal Hari Raya Nyepi: 7 Maret 2019

  • Persiapkan Waktu Kedatangan Agar Tidak Terjebak
    Satu hari sebelum Nyepi, Bali Airport akan sangat sibuk dan jalanan akan super macet.

    Persiapkan waktu lebih untuk sampai hotel atau villa tempat kalian akan menginap. Jika memungkinkan, pergi ke supermarket terdekat untuk stok keperluan nyemil selama Nyepi berlangsung.

    Di hari Nyepi sendiri, tidak akan ada aktivitas yang terjadi di luar hotel dan villa.

  • Tanya Warga atau Cari Tau Festival Lokal yang Diadakan Sebelum/Setelah Nyepi
    Setiap daerah punya jadwal tersendiri untuk berbagai festival. Jangan terlalu mengandalkan kalender di internet. Lebih baik tanya mereka langsung.

     

    Selain lebih akurat, kalian juga akan mengetahui cerita-cerita unik lainnya – langsung dari mulut warga.

Upacara Melasti: Upacara Sebelum Nyepi

Upacara Melasti di Pantai Melasti, Uluwatu - Bali, sebelum Hari Raya Nyepi di Bali
Tradisi upacara Melasti di Pantai Melasti, Uluwatu sangat menarik untuk diikuti. Photo credit: @dediisuwardi

2-3 hari sebelum Hari Raya Nyepi dimulai, akan diadakan upacara Melasti sebagai bentuk meraih kesucian hati para umat Hindu. Sebagai bentuk simbolis, upacara ini dilaksanakan dengan menghanyutkan hal-hal buruk dengan menggunakan air, sebagai sumber kehidupan dalam segala aspek.

Akan ada panggung yang memunggungi laut atau danau, di mana pemuka agama atau pemangku memercikkan air suci ke umat-umat yang hadir. Upacara ini berlangsung dengan sakral, namun kalian dapat menontonnya untuk memahami betapa indahnya upacara Melasti ini.

Parade Ogoh-Ogoh

Parade Ogoh Ogoh: Kegiatan Must Do saat Perayaan Hari Raya Nyepi di Bali
Ogoh-ogoh Paksi Ireng dari Br. Gemeh merupakan salah satu Ogoh-ogoh paling keren di Hari Raya Nyepi 2018 lalu. Kira-kira tahun ini yang keren dari banjar mana yah? Photo credit: @rusdiumbara

Ogoh-ogoh diambil dari bahasa Bali ogah-ogah yang berarti “Sesuatu yang gampang tergoyahkan”. Sehingga ogoh-ogoh akan terlihat seakan-akan hidup dan bergerak. 

Pada malam Pengerupukan (sebelum Nyepi), parade Ogoh-ogoh dirayakan oleh warga lokal dan nantinya akan dibakar untuk menandai jiwa jahat yang terkalahkan.

Eits tapi jangan takut, ogoh-ogoh tersebut telah lulus seleksi panitia dan biasanya terbuat dari material berkualitas. Sehingga kalian tidak perlu takut jika ogoh-ogoh tersebut akan dibakar. 

Walau umumnya ogoh-ogoh mengambil rupa yang diambil dari cerita Rama dan Shinta, sekarang ogoh-ogoh memiliki variasi bentuk yang unik! Siapin HP kalian ya untuk Insta story kalau ogoh-ogoh ini telah tiba.

Fun fact: Ogoh-ogoh memiliki bentuk yang sangat tinggi! Biasanya akan banyak ogoh-ogoh yang tersangkut di kabel tiang listrik.

Festival Omed-Omedan: Tradisi Ciuman Massal

Tradisi Omed-Omedan di daerah Sesetan Bali, sesudah Hari Raya Nyepi di Bali
Tradisi unik acara Omed-Omedan yang selalu diadakan di daerah Sesetan setiap tahunnya. Photo credit: @balifact.id

Buat kalian yang pertama kali ke festival Omed-omedan, jangan kaget ya kalau ternyata ini tentang festival cium-ciuman. Ritual ini dilakukan untuk mempererat keakraban antar umat Hindu. 

Festival ini sempat ditiadakan beberapa saat. Namun suatu hari, tiba-tiba muncul dua ekor babi hutan di tengah desa yang saling bertarung. Peristiwa ini dianggap akan membawa malapetaka, sehingga warga pun mengumpulkan anak-anak muda-nya kembali untuk melakukan Omed-omedan guna menghindari malapetaka tersebut.

Sebelum memulai, para anak-anak muda akan dibagi menjadi dua kelompok: pria (teruna) dan wanita (teruni). Mereka semua akan diarak oleh tim masing-masing dan saling berpelukan erat. 

Setelah itu, mereka akan ditarik oleh kedua tim masing-masing hingga lepas. Eh kalau enggak kunjung lepas juga gimana? Ya disirem ampe basah kuyup!

Hal-hal Yang Gak Boleh dilakukan Saat Nyepi

  1. Jangan Keluar ke Jalan Raya
    Kalian boleh beraktivitas di dalam rumah / pekarangan (yang tertutup dan tidak terlihat dari luar), selama tidak mengganggu kegiatan Nyepi sekeliling kalian. 

    Namun jangan sekali-kali kalian berkeliling keluar rumah karena selain tidak ada yang buka, beberapa pecalang akan patroli untuk memastikan Nyepi berjalan dengan lancar.

  2. Jangan Menyalakan Lampu
    Salah satu tantangan umat Hindu dalam ibadah Nyepi adalah tidak menyalakan api maupun penerangan listrik lainnya. Dalam gelap dan sunyi, umat Hindu berdoa dan merefleksikan hidupnya untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Makannya, yuk hormati mereka dengan tidak menyalakan lampu!

     

  3. Jangan Berisik
    Sssshhh! Selain dilarang beraktivitas di luar rumah, bukan berarti kalian boleh berisik hingga terdengar oleh lingkungan sekitar. Hargai teman-teman kita yang membutuhkan keheningan untuk beribadah Nyepi.

Hal-Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Nyepi

Suasana Swalayan Saat Menjelang Hari Raya Nyepi di Bali Sangat Ramai
Siap-siap untuk ngantri dikeramaian satu hari menjelang Nyepi! Walaupun cuman tutup sehari, berasa kayak uda mau Doomsday aja dan semua orang pada nyetok makanan. Photo credit: Kompasiana.com
  1. Belanja Keperluan (ie. Snack, Bahan Makanan, dll)
    Diingatkan lagi, saat Nyepi tidak ada toko yang buka. Bahkan H-1 Nyepi, toko-toko grosir bakalan super penuh dan banyak barang kehabisan. Sebagai petunjuk ringkas, berikut grosiran dan supermarket yang bisa kamu kunjungi.
    1. Tiara Dewata
      Kalau yang sudah lama tinggal di Bali, pasti tahu Tiara Dewata. Termasuk salah satu grosiran termurah di Bali dengan koleksi barang produksi lokal, termasuk yang diproduksi oleh warga Bali tersendiri.
    2. Carrefour
      Siapa sih yang enggak tau Carrefour? Salah satu swalayan terbesar ini punya koleksi barang lokal yang paling lengkap! Harganya udah pada tahu ya, cukup ramah di kantong untuk kebutuhan sehari-hari.
    3. Grand Lucky
      Salah satu grosiran terlengkap di Bali dengan koleksi makanan lokal dan impor. Tempat belanja dan parkirannya cukup luas, sehingga kamu enggak perlu khawatir kalau bawa kendaraan sendiri. Harga memang sedikit lebih mahal, tapi banyak barang-barang langka bisa kamu temukan di sini!
    4. Pepito
      Sama seperti Grand Lucky, hanya saja barangnya tidak terlalu lengkap. Namun Pepito tersebar di berbagai penjuru pulau Bali dan cenderung mudah ditemukan. Barang-barang yang dijual bervariasi dari lokal hingga impor.
    5. Papaya
      Grosiran favorit mimin karena banyak barang-barang Jepang! Buah-buahannya segar, dan pilihan dagingnya pun cocok untuk kebutuhan sehari-hari. Setiap jam 9 malam, ada diskon bento hingga 40%. Cocok untuk kamu yang mahasiswa atau memang irit budget untuk pesta pora.

       

  2. Siap-siap stok DVD dan Netflix
    Tidak keluar rumah, berarti movie time buat kita semua! Siapkan stok-stok DVD, atau berlangganan Netflix untuk no-bar aias nonton bareng di rumah atau villa yang kalian sewa. Kalau mimin sukanya nonton film seri, mumpung ada waktu luang panjang tanpa ada kerjaan yang ganggu. Eh, jangan lupa siapkan snek favorit biar mulutnya terus olahraga.

     

  3. Main Console Game Bersama
    Kalau sama teman-teman, main game multiplayer pasti bakalan seru. Selain ini saatnya menjadi momen yang kalian habiskan bersama, kalian bisa main truth or dare buat yang kalah pertandingan. Uhuw, kapan lagi bongkar rahasia teman baikmu?

  4. Siapin Kamera dan Tiker buat Liat Bintang
    Jika pelangi ada di bola matamu, maka bintang bertebaran di langit saat Nyepi! Banyak pertanyaan kenapa saat Nyepi, bintang dapat terlihat jelas. Jawabannya cukup mudah: absensi polusi cahaya dan udara (karena kendaraan). Kamu bisa gulung tiker sambil melihat bintang bertebaran di langit dan beberapa aktivitas menarik lainnya seperti:
    1. Mendownload aplikasi rasi bintang, agar kamu tahu bintang apa yang ada di atas kepala kamu.
    2. Mencocokkan rasi bintang sesuai tanggal lahir.
    3. Bertanya apakah Gemini tidak ditakdirkan bersama Libra, atau mengapa Aries selalu keras kepala.

  5. Bawa Uang CASH Sebanyak—banyaknya
    Beberapa ATM di Bali dinonaktifkan beberapa saat sebelum Nyepi dimulai. Daripada nanti gak enggak bisa bayar servis di hotel atau beli jajanan di supermarket, ada baiknya kamu mengantongi beberapa juta sebelum Nyepi tiba.

Berburu Paket Nyepi di Bali

Saat Nyepi berlangsung, hampir seluruh hotel di Bali menyiapkan paket Nyepi yang lebih murah dari biasanya! 

Umumnya, paket Nyepi terdiri dari menginap 3 hari 2 malam. Kamu akan disuguhkan oleh makan pagi, makan siang, dan makan malam masing-masing satu kali. 

Karena kalian cuma bisa beraktivitas di hotel, pilih hotel yang enak untuk leyeh-leyeh yak!

Ikutan Aktifitas In-House Hotel

Banyak yang berpikir tinggal di hotel 3 hari 2 malam selama Nyepi akan membosankan. Padahal, momen ini bisa kalian manfaatkan untuk memakai fasilitas hotel sepenuhnya! Bingung mau ngapain aja? Yuk lihat listnya!

  1. Berenang di Infinity Pool sambil menikmati sunyi-nya Bali
  2. Bersantai di pinggir kolam renang
  3. Relaksasi di spa hotel
  4. Menenangkan diri lewat yoga