Oleh-oleh Khas Bali

Last update: 1 September 2018

Coba bayangin nih, yah:

Besok adalah hari terakhir kamu liburan di Bali. Sekarang, kamu sedang bersantai di tempat tidur setelah seharian keluyuran menikmati indahnya pemandangan pantai di Bali yang eksotis.

Tiba-tiba, kamu teringat titipan kakak, adik, bapak, ibu, pacar, dan teman-teman sekolah sebelum kamu berangkat ke Bali: “Jangan lupa oleh-oleh dari Bali, yah!”

Duh, gawat kaaaaan? 

Waktu sudah mepet dan kamu belum beli apa-apa sama sekali.  Beli oleh-oleh apa yah baiknya buat mereka semua?

Eits, tenang! LiburanBali selalu siap membantu kamu untuk merencanakan liburan dengan sempurna di Bali. 

Untuk urusan buah tangan, berikut adalah 26 Oleh-oleh khas Bali yang wajib kamu borong sebelum pulang liburan dari Bali.

Makanan & Cemilan

Kalau mau main aman, kamu cukup membelikan ‘para pemburu oleh-oleh’ makanan atau kue khas Bali saja. Selain harganya yang relatif terjangkau, makanan-makanan ini sangat mudah ditemukan hampir di semua toko oleh-oleh khas Bali yang ada di kawasan wisata.

1 Pie Susu

Nah, ini dia cemilan paling legendaris dari Bali. Saya yakin pasti sebagian besar keluarga dan teman-teman kamu sudah berpesan untuk membelikan kue pie susu. Iya, kan?

Pie susu ini juga sudah ada sejak zaman saya masih kecil, loh. Dulunya kue ini sering dipakai untuk acara keluarga dan sembahyangan.

Kuenya sendiri cukup simpel. Bentuknya bundar menyerupai pie umumnya, tetapi lebih gepeng. Dan bagian terbaiknya adalah fla susu yang ada di tengahnya. Yummy! Berasa lumer di mulut dan manisnya berbekas di lidah!

Berani jamin, deh, kalau kamu nyobain pie susu, makan satu saja nggak cukup!

Apa merek dan berapa harga Pie Susu yang enak?

Nah, untuk merek pie susu sendiri ada sangat banyak. Namun, buat saya sendiri, yang terbaik masih dipegang oleh “Pie Susu Asli Enaaak” (ini yang paling pertama jualan pie susu) dan “Pie Susu Dhian” (konon sih katanya dulu jadi murid perguruan si Pie Susu Asli Enaaak makanya rasanya lumayan mirip).

Harga pie susu ini lumayan murah. Untuk Asli Enaak Rp. 2.500 dan Dhian Rp. 1.000 per biji-nya

Oleh Oleh khas Bali Pie Susu Asli Enaaak dan Dhian
Photo credit: Pie Susu Dhian

2 Kacang Disko

Kalau kamu suka cemilan kriuk-kriuk dengan sensasi gurih dan pedas, Kacang Disko jawabannya. Camilan ini seperti kacang tepung biasa, tetapi komposisi tepungnya lebih tebal.

Sekarang, varian kacang disko juga semakin banyak. Selain rasa original dan pedas, ada juga rasa keju, BBQ, dan udang yang cukup populer.

Tapi kalau buat saya pribadi, varian yang paling ‘nendang’ rasanya adalah kacang disko rasa pedas. Lumayan buat begadang sambil nonton bola. Hehehe..

Apa merek dan berapa harga Kacang Disko yang enak?

Dari sekian banyak produsen kacang disko yang ada, rekomendasi saya jatuh pada merek “Mami” dan “Rajawali”. Sebenarnya rasa kacang disco satu dan lainnya hampir sama sih, tapi dua merek diatas memiliki perpaduan gurih dan rasanya pas.

Untuk harganya sendiri tergantung dari berat jenis yang kamu pilih. Kacang disko dengan netto 250 gram berkisar dari Rp16.000 sampai Rp20.000 sementara netto 500 gram dijual sekitar 35.000 sampai Rp40.000.

Kacang Disko Mama Mami Oleh Oleh Khas Bali
Photo credit: Kacang Disco Kecak Mama

Btw sekilas iklan.. yuks dukung blog ini dengan pergi nge-Trip bareng team LiburanBali.net…

Okehh.. lanjutt..

3 Kacang Asin

Nah kalo kamu pernah makan seafood di tepi pantai Jimbaran, pasti kamu pernah deh nyobain kacang asin yang biasa disuguhkan sebagai ‘cemilan penunggu’ sebelum makanan-mu disajikan.

Kacang renyah ini polos, tidak diberi balutan tepung atau bahkan perasa tambahan seperti kacang disko. Tapi gurihnya kacang asin cocok dinobatkan sebagai teman saat menonton film, mengobrol, atau sekedar bengong-bengong santai.

Apa merek dan berapa harga Kacang Asin yang enak?

Kalau disuruh kasih rekomendasi, saya hanya kepikiran satu nama saja: Kacang Rahayu.

Bahkan katanya kacang asin yang satu ini pionir kacang asin lainnya yang ada di Bali. Kalau kamu tanya ke orang-orang pun, berani taruhan hampir semua akan nge-recommend-in Rahayu.

Kemasannya sendiri cukup sederhana, menggunakan boks atau semacam toples plastik. Harganya sendiri memang cukup mahal sih, tapi sebanding dengan rasanya.

Kamu bisa memilih kacang asin Rahayu mulai dari boks dengan berat bersih 150 gram. Harganya dipatok mulai sekitar Rp35.000

Kacang Rahayu Oleh Oleh Khas Bali

4 Bakpia

Kalau sebelumnya ada pie susu, nah ini ada juga pia.

Yep, nggak cuma Jogja saja lho yang punya makanan ini. Bali juga punya bakpia yang nggak kalah menggugah selera.

Dari segi wujudnya memang tidak jauh berbeda sih antara Bakpia Bali dengan bakpia lainnya. Paling nggak, kudapan ini sama-sama terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang lalu dibungkus dengan tepung. Pematangannya dilakukan dengan cara dipanggang.

Tapi variasi rasa bakpia juga semakin banyak. Ada rasa cokelat, keju, stroberi, kacang tanah, dan beberapa lainnya.

Apa merek dan berapa harga Bakpia yang enak?

Kalau mau mencicipi yang terbaik, kamu bisa beli Pia Legong atau Pia Bintang.

Pia Legong memang yang paling terkenal dan cuma ada di tokonya sendiri, di Jalan Bypass Ngurah Rai (ada sih di toko lain, tapi harganya biasanya jauh lebih mahal).

Nah ini yang gila:

Saking larisnya Pia Legong, belinya-pun harus penuh perjuangan karena cepat habis dan setiap pembeli juga dibatasi membeli 2 kotak saja.

Siap-siap dah kamu ngantri berjam-jam kalo lagi musim liburan. Hehehehe.. Harga per boksnya sekitar Rp. 90.000

Kalau Pia Bintang, saya sih paling suka dengan kejunya. Makan satu bakpia ini saja beneran bikin kenyang, lho! Harganya kurang lebih Rp. 45.000 dengan isi sepuluh bakpia.

Pia Legong Oleh Oleh Khas Bali

5 Kerupuk Kulit Babi (Samcan)

Nah ini adalah satu-satu-nya oleh-oleh khas Bali yang masuk golongan mengandung babi.

Baca juga: 

Sebenarnya saya tidak ingin masukin ke list, tapi cemilan ini terlalu enak buat dilewatinnn… huhuhuhu… (Mohon maap ya teman-teman yang muslim)

Kerupuk kulit babi ini sangat renyah dan sedikit asin. Sekali gigit aja, dijamin bikin kamu gak berhenti nyemilin sampai habis loh.

Apa merek dan berapa harga Kerupuk Kulit Babi yang enak?

Kalau ngomong merek, saya hanya suka 2 merek kerupuk samcan babi nih: Kerupuk Kulit Babi Rejeki dan Kerupuk Kulit Babi dengan merek “Babi”. Enaknya kebangetan.

Untuk harga, kedua merek ini mematok harga yang hampir sama disekitar Rp. 35.000 untuk 70 gram atau Rp. 110.000-an untuk 200 gram-nya.

Kerupuk Kulit Babi Samcan Rejeki - Oleh Oleh Khas Bali

6 Kerupuk Ceker Ayam Bali

Duh, keripik yang satu ini saya sukaaaaa sekali. Krenyes saat digigit, gurih dan asin di lidah…. pokoknya cocok banget, lah.

Camilan yang satu ini memang cenderung tidak terlalu populer, sih. Namun, kalau kamu atau ‘mereka yang menunggu oleh-olehmu’ suka dengan kudapan asin gurih (apalagi penggemar ceker ayam) coba saja hadiahi dengan ini.

Apa merek dan berapa harga Ceker Ayam yang enak?

Saya sendiri sebetulnya nggak terlalu sering makan dan jarang beli sendiri, sih (ketawan suka di beliin). Tapi kalau nggak salah, ibu saya dulu sering beli yang merek Cap Jago. Harganya juga cukup murah, sekitar Rp15.000 per bungkusnya.

Ceker Ayam Oleh Oleh Khas Bali

7 Kopi Kintamani

Buat yang penggemar kopi, jangan sampai melewatkan kopi Kintamani. Seperti namanya, kopi arabika ini memang dibudidayakan di kawasan Kintamani, Bali.

Rasa yang paling menonjol dari kopi kintamani adalah rasa jeruk dengan body yang sedang dan tidak terlalu pahit. Tingkat keasamannya sendiri cukup rendah. Kamu juga bisa membaui aroma citrus dan herbal yang menguar.

Omong-omong, kopi ini juga sudah mendunia. Beberapa negara tujuan ekspornya antara lain Jepang, Australia, Arab, dan Eropa.

Apa merek dan berapa harga Ceker Ayam yang enak?

Ada banyak merek yang tersedia, tetapi enggak semuanya diolah di Bali, ya. Kamu bisa mencoba Kebon Kopi dengan harga sekitar Rp. 65.000 dan Kupu-Kupu Bola Dunia seharga Rp300.000-an

Kopi Kintamani Kupu Kupu Bola Dunia Oleh Oleh Khas Bali
Photo credit: @prema_rasa

8 Salak Bali

Nah, kalau mau cari oleh-oleh khas Bali yang lebih sehat dan natural, kamu bisa beli salak bali atau yang juga dikenal Salak Gula Pasir.

Buah tropis ini juga biasanya ada sebagai bagian dari acara sembahyang.

Dibandingkan salak pondoh, salak Bali mempunyai rasa yang lebih manis dan bijinya yang kecil. Jadi kamu nggak perlu merasa kesal saat mengupas salak yang besar tapi ternyata menang ukuran di bijinya saja.

Menemukan salak juga lebih mudah sih. Kamu bisa mendapatkannya di pasar tradisional atau modern terdekat. Malah, pusat oleh-oleh cenderung jarang menyediakan buah ini.

Paling nggak, selain dimakan biasa, salak ini juga bisa dijadikan manisan. Harganya per kg juga fluktuatif, tapi biasanya sekitar Rp. 20.000-an. Meski begitu, beberapa waktu lalu sempat turun jauh sampai ke harga Rp 7.000 per kg.

Salak Gula Pasir Oleh Oleh Khas Bali

Barang Fashion

Pakaian dan aksesoris fashion juga salah satu alternatif oleh-oleh yang paling banyak diburu. Selain karena nggak cepat habis seperti makanan, kalau pakai barang ini juga jadi kelihatan kalau pernah ke Bali. Hehehehe…

Agar menghemat waktu, ini beberapa rekomendasi barang fashion oleh-oleh khas Bali yang bisa kamu cari.

9 Kaos Joger

Yak, kurang lengkap rasanya kalau ke Bali tapi nggak punya kaus Joger. Hehehe…

Garmen yang bermula di dekat airport Ngurah Rai ini sekarang memiliki beberapa outlet tambahan.

Sebenarnya kaus joger itu kaus putih sederhana tapi yang membuat-nya unik adalah tulisan-tulisan nyeleneh pada kaus produksinya.

Permainan kata-katanya bisa membuat orang yang membacanya jadi senyum-senyum sendiri.

Harga baju yang paling murah adalah kaus katun berwarna putih, dibanderol mulai sekitar Rp. 90.000-an (juga tergantung dari ukurannya). Kalau untuk yang berwarna, rata-rata mulai Rp.150.000-an.

Kaos Bali Joger - Oleh Oleh Khas Bali

10 Tas Rotan Bulat

Gara-gara Mbakyu Raisa, tas rotan bulat khas bali jadi hits belakangan ini. Nggak cuma orang Indonesia, bahkan bule-bule juga banyak yang berburu tas rotan bulat ini loh!

Tas anyaman rotan ini sekarang juga mulah dimodif-modif dengan berbagai macam bentuk dan pernak-pernik.

Selain di beberapa toko oleh-oleh khas Bali, kamu bisa coba cari di pasar tradisional seperti di Sukawati atau Ubud. Paling nggak, kamu bisa melakukan penawaran harga di sini.

Tas rotan bulat ini ada tiga ukuran. Rata-rata, harga yang paling kecilnya dijual dengan harga mulai Rp150.000 sampai Rp200.000; yang medium Rp250.000 dan yang besar Rp350.000an

Kamu beli di harga berapa hayo?

Ubud Traditional Art Market Tempat Wisata Terbaik di Ubud
Photo credit: IG @alina_new_gromova

11 Baju Barong

Hmmm… ini dia kaos legenda khas Bali!

Saya ingat banget ini jaman dulu SMA, kalo ke Bali pasti yang diminta sama teman-teman sebangku dulu, tidak lain, ya baju barong ini.

Baju ini hanya menampilkan tokoh khas Bali, yaitu Barong (mangkanya diberi nama Baju Barong). Dan untuk warna-nya pun ada berbagai macam.

Baju barong diproduksi mulai untuk ukuran batita sampai orang dewasa. Bahannya pun berbeda, mulai dari yang sangat tipis sampai cukup tebal.

Tentu, harganya juga berbeda. Kalau kamu beli di toko oleh-oleh Erlangga misalnya, kamu bisa mendapatkan kaus ini mulai dari belasan ribu Rupiah. Tapi untuk bahan yang lebih tebal, harganya sekitar Rp. 25.000-an.

Baju Barong - Oleh Oleh Khas Bali
Photo credit: IG @indriyuliani

12 Kain Pantai Bali (Sarung)

Sarung Bali memang punya motif yang sangat khas, mulai dari bunga-bunga sampai dengan motif abstrak berwarna warni.

Kain ini biasa juga disebut kain sarung pantai. Mungkin karena banyak dijual di pantai-pantai wisata di Bali yah.

Sedikit fakta unik tentang kain bali:

Biasanya, kalau kamu pergi ke tempat suci seperti Pura, kamu diharuskan memakai kain ini untuk menutupi aurat (biasanya kalau pakai celana pendek) sebagai wujud kesopanan.

Kalau kamu jago nego sama ibu-ibu di pinggir pantai, kamu bisa dapetin kain ini mulai dari harga Rp. 25.000-an loh. Tapi kalau kamu membeli di toko pusat oleh-oleh, harganya bisa mencapai Rp. 40.000-an

Kain Sarung Bali - Oleh Oleh Khas Bali

13 Batik Bali

Seperti daerah lain di Indonesia, Bali juga punya batik khas daerahnya sendiri. Kalau kamu ingin menghadiahi mereka yang kolektor batik, jangan lupa oleh-oleh ini.

Motif Batik khas Bali cukup unik dan sangat menjunjung tinggi budaya asalnya. Kamu bisa menemukan motif yang menceritakan kisah para dewa atau budaya tentang Pulau Dewata.

Harganya juga tergantung dari bahannya. Untuk bahan katun dan cap biasanya bisa kamu bawa pulang dengan harga mulai Rp. 60.000-an. Kalau yang levelnya lebih tinggi seperti batik tulis dengan bahan songket atau tenun, harganya bisa sekitar Rp. 300.000-an.

Kain Batik Bali - Oleh Oleh Khas Bali

14 Gelang Bali

Gelang-gelang lucu juga bisa kamu jadikan oleh-oleh yang gampang. Yang menjual suvenir ini juga cukup banyak, kok.

Kalau bujetmu rendah, beli saja di toko-toko yang tidak terlalu mahal. Paling nggak, kamu bisa memperolehnya mulai dari sekitar Rp. 3.500 aja. Kalau di tempat yang sudah besar banget, harganya bisa sampai lima kali lipat he he.

Tapi, harga ini juga bergantung dari desainnya. Ada yang modelnya rajut biasa, bebatuan, dan lain-lain.

Gelang Bali - Oleh Oleh Khas Bali

15 Perhiasan Perak

Kawasan Celuk terkenal dengan kerajinan peraknya. Turis asing juga berbondong-bondong untuk melihat langsung cara pembuatan perhiasan ini, sekaligus membelinya sebagai suvenir saat kembali ke negara mereka.

Ada banyak  destinasi belanja perhiasan perak, seperti Dewi Sri dan Toko Anom yang sangat terkenal di kalangan turis asing. Jangan lupa, sebelum beli, pastikan kamu bertanya dulu harganya berapa.

Setiap jenis perhiasan dijual dengan harga berbeda seperti cincin, gelang, dan kalung.

Biasanya juga, harga untuk tamu domestik dan mancanegara juga dibedakan. Paling tidak, untuk cincin sederhana bagi tamu lokal bisa dibeli mulai Rp. 80.000-an.

Perhiasan Perak - Oleh Oleh Khas Bali
Photo credit: Sunaka Jewelry

16 Mukena Bali

Mukena Bali terkenal karena bahannya yang sangat adem dan lembut. Motifnya tidak terlalu corak khas Bali, lebih banyak seperti tie dye atau kembang-kembang.

Kalau ditanya merek apa yang bagus, hehe. Saya sendiri juga nggak bisa jawab. Tapi kebanyakan pembeli memilih berdasarkan bahan dan senang dengan coraknya.

Harganya sendiri cukup murah, ya. Standarnya sepasang mukena bali dijual dengan harga sekitar Rp. 60.000-an. Kamu bisa mencarinya di toko oleh-oleh atau pasar-pasar tradisional.

Mukena Bali - Oleh Oleh Khas Bali

Barang Souvenir / Pajangan

Nah, pilihan lain kalau untuk oleh-oleh bisa dengan aneka suvenir ini. Paling nggak, barang-barang ini bisa dijadikan pajangan dan kamu selalu diingat sebagai si pembawa oleh-oleh.

17 Lukisan

Sebagai pusat kesenian terbaik di Indonesia, tentu saja Bali sangat terkenal dengan hasil lukisannya juga.

Mulai dari lukisan yang bergaya realist seperti gambar pematang sawah sampai dengan lukisan bergaya abstract tersedia di kebanyakan pusat oleh-oleh.

Harga lukisan di pusat oleh-oleh biasanya tidak terlalu mahal, sekitar Rp. 200.000 – 300.000-an. Kenapa bisa murah? Karena lukisan model ini biasanya dibuat secara mass produce.

Namun kalau kamu pergi ke daerah Ubud, kamu bisa menemukan banyak Art Gallery yang menjual lukisan-lukisan yang sangat bagus dan unik. Harganya tidak murah guys, bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta loh!

Lukisan Bali - Oleh Oleh Khas Bali
Photo credit: keabemautla.com

18 Produk Spa Bali

Kalau yang satu ini tentu bukan hanya untuk sekadar pajangan ya. Kamu bisa menghadiahi ini untuk ibu, kakak perempuan, adik perempuan, saudara perempuan, teman, atau juga pacar.

Bali memang terkenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati spa terutama di kawasan Seminyak.

Dan tentunya berbagai macam produk spa seperti body scrub, lotion, sampai wangi-wangi-an bakal mengingatkan si ‘penerima oleh-oleh’ dengan kenangan liburan mereka di Bali sebelumnya.

Salah satu merek yang paling populer adalah Bali Ratih dan Herborist. Harga Bali Ratih memang relatif sedikit lebih tinggi dibandingkan Herboist.

Untuk body scrub, Bali Ratih dijual sekitar mulai Rp28.000 sementara Herboist mulai Rp 12.000-an saja

 

Herborist Produk Spa - Oleh Oleh Khas Bali

19 Kerajinan Kayu (Pahatan)

Seperti perak, kerajinan kesenian kayu juga berpusat di kawasan Gianyar walau produknya juga bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko kawasan kota.

Kerajinan kayu pahatan ini bentuknya sangat beragam dengan ukuran yang juga bervariasi. Namun, pastikan kamu punya space yang cukup di koper atau tas untuk membawa oleh-oleh ini, ya.

Sebagai saran, kalau mau dapat harga yang murah, jangan mencarinya di toko modern. Kamu bisa cari di kios-kios pinggir jalan dengan bermodalkan keahlian menawar.

Kerajinan Kayu - Oleh Oleh Khas Bali

20 Alat Musik (Gamelan)

Yaa, kalau ada orang-orang terdekat yang suka dengan kesenian dan alat musik, kamu bisa menghadiahi mereka dengan alat musik Gamelan Bali ini. Dijamin bakal suka!

Tentu, kamu nggak harus beli gamelan yang segede gaban untuk dibawa-bawa naik kapal atau pesawat. Alat musik ini juga ada yang tersedia dalam versi mininya.

Gamelan paling banyak kamu temui di kawasan Ubud atau Klungkung. Kalau yang paling murah sih, bermodalkan Rp 40.000-an juga bisa dapat. Tapi kalau mau yang lebih oke, harganya sekitar Rp 300.000-an.

21 Kerajinan Kelapa

Biasanya ibu-ibu suka dengan kerajinan semacam ini. Bentuknya juga macam-macam mulai dari nampan, piring, hingga kendi dan wadah hiasan.

Kerajinan batok kelapa ini juga sudah jadi produk ekspor. Walau begitu, harganya sangat murah. Paling nggak, sebuah mangkuk batok kelapa kecil bisa kamu dapatkan dengan harga Rp. 10.000

Komoditas ini masih banyak dikerjakan secara home industry. Walau begitu, kamu sama sekali nggak perlu khawatir dengan kualitasnya.

Kerajinan Kelapa - Oleh Oleh Khas Bali

22 Layang-Layang

Bingung nyari oleh-oleh buat buah hati atau ponakan?

Layang-layang khas Bali bisa jadi oleh-oleh yang tepat buat anak-anak nih.

Selain bentuknya yang beragam, warna dan coraknya pun sangat menarik. Salah satu yang paling terkenal adalah layang-layang berbentuk kapal dan burung garuda.

Kamu bisa dengan mudah mendapatkan layang-layang khas Bali ini di pusat oleh-oleh maupun di toko-toko di sepanjang jalan tempat wisata.

Harga yang di bandrolkan akan bervariasi sesuai dengan ukurannya. Untuk layang-layang berukuran kecil bisa kamu beli mulai dari harga Rp. 40.000-an saja.

Perahu Layangan - Oleh Oleh Khas Bali

Nah sudah kebayang belum harus beli oleh-oleh apa saja?

Daripada lupa, buruan save atau share artikel ini buat referensi beli oleh-oleh ketika liburan di Bali besok.

Kalau kamu ada ide oleh-oleh lain yang belum dimasukan ke list di atas, komen di kolom komentar di bawah ya!

Happy shopping!

Tentang penulis

Liburan Bali

Liburan Bali bertujuan untuk menginspirasi netizen untuk berlibur ke Bali dengan memberikan tips dan rekomendasi wisata, kuliner dan aktifitas terbaik di Bali.

www.LiburanBali.net

Tinggalkan komentar