Pantai Lovina

Singaraja, Bali Utara

"Emang di Bali ada ikan lumba-lumba?"

Bali punya loh destinasi yang menjadi habitat asli dari sekawanan lumba-lumba liar, yaitu di Pantai Lovina, yang berlokasi di Desa Kalibukbuk, Singaraja.

Lokasinya cukup jauh dari pusat keramaian Bali. Tepatnya lebih dari 100 kilometer dari daerah Seminyak.

Menurut saya, jika kamu sudah sering ke Bali dan cuman ingin mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda dari biasanya, kamu harus berkunjung ke Pantai Lovina.

Artikel ini bakal ngebahas tuntas segala hal yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk liburan ke Pantai Lovina.

Baca juga: 7 Pantai di Bali Dengan Pemandangan Paling EPIC!

Patung Lumba Lumba di Pantai Lovina

Nah, Pantai Lovina memiliki cerita masa lalu yang cukup unik lho:

Adalah Anak Agung Panji Tisna, seorang pria asli Bali yang memutuskan untuk berkunjung ke beberapa negara di Asia dan Eropa pada tahun 1950 silam.

Bombay, India, menjadi destinasi yang cukup membuatnya tertarik, dan pada akhirnya Panji pun memutuskan untuk singgah dan tinggal di kota ini selama beberapa waktu.

Panji melihat bahwa terdapat sebuah pantai di Bombay yang memiliki tata kelola yang amat baik, sehingga sering dikunjungi oleh masyarakat setempat, terlebih ketika akhir pekan dan hari libur.

Inilah yang menjadi dasar bagi Panji untuk membangun wisata di kawasan Buleleng, yaitu Pantai Lovina.

Bermodal pemandangan alam yang cantik dan hadirnya kumpulan lumba-lumba disekitar pantai; Panji berhasil memajukan pariwisata Pantai Lovina.

Hingga kini, destinasi ini tak pernah sepi pengunjung, terlebih dengan pemandangan alam dan berbagai aktivitas menarik yang ditawarkan.

7 Aktivitas Selama di Pantai Lovina:

Lalu, apa saja sih aktivitas yang bisa dilakukan sampai kamu harus datang mengunjungi Pantai Lovina?

Nih, beberapa aktivitas yang bisa kamu nikmati:

1 Menyaksikan Langsung Atraksi Lumba-Lumba

Inilah daya tarik dan keunggulan utama dari Pantai Lovina.

Di Pantai Lovina, ikan lumba-lumba dibiarkan hidup bebas dan mendapatkan perlindungan sepenuhnya dari pemerintahan setempat, sehingga siapa pun tidak bisa menangkap atau memperjualbelikan hewan laut lucu ini.

Agar bisa bertemu dan melihat langsung aksi lumba-lumba ini, Anda harus menuju ke tengah laut dengan menaiki sebuah perahu berkapasitas empat hingga lima orang.

Siap-siap untuk bangun pagi loh, karena kamu harus berada ditengah laut sebelum fajar, karena lumba-lumba biasa muncul ke permukaan pada pagi hari, antara pukul 06.00 hingga 09.00.

Untuk yang ingin tau biaya melihat Lumba Lumba di Pantai Lovina, biasanya sih setiap dewasa dikenakan Rp. 100.000 per orang sedangkan anak-anak Rp. 50.000 per orang.

Melihat lumba lumba di Pantai Lovina
Photo credit: @25jule05 (Instagram)

2 Berburu Matahari Terbit Paling Indah di Bali

Berbeda dengan mayoritas pantai di Bali yang menawarkan pemandangan matahari terbenam yang begitu mengagumkan. Pantai Lovina justru menyuguhkan panorama matahari terbit yang begitu indah.

Jadi, sebelum kamu menuju ke tengah laut untuk menyaksikan lumba-lumba, sempatkan untuk menikmati sunrise di Pantai Lovina.

Jika beruntung, kamu bisa mengabadikan foto siluet lumba-lumba yang sedang melompat ke permukaan saat matahari sedang bersiap naik.

Menikmati Sunrise di Pantai Lovina
Photo credit: @maelle_engler (Instagram)

3 Snorkeling Menikmati Kehidupan Bawah Laut

Setelah puas menyapa lumba-lumba, aktivitas yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah snorkeling dan menyapa keindahan kehidupan bawah laut yang dimiliki Pantai Lovina.

Pantai Lovina memiliki berbagai terumbu karang dan ikan berwarna-warni yang bisa kamu nikmati sambil bersantai.

Tidak bawa peralatan snorkeling? Tidak perlu khawatir, karena ada banyak jasa peminjaman alat yang bisa Anda tuju di sekitar pantai. Biasanya per orang dikenakan Rp. 100.000 untuk biaya sewa peralatan snorkeling.

Psstt.. Biasanya kamu juga bisa nawar harga lebih murah kalau mengambil paket Lumba-Lumba plus snorkeling.

Snorkeling di Pantai Lovina
Photo credit: georgina_mae_x (Instagram)

4 Memancing Ikan di Tengah Laut

Nah, untuk Anda yang gemar memancing, menyewa perahu dan kembali ke tengah laut adalah pilihan yang tepat.

Ada banyak ikan dengan ukuran besar yang siap menyambut kail pancing-mu. Strikeee..

Jika kamu sendirian, kamu harus rela membayar biaya sewa kapal sampai dengan Rp. 100.000, dan inipun kamu harus join dengan pemancing lainnya.

Namun kalau kamu berencana memancing bersama teman-teman satu rombongan, kamu bisa menyewa satu kapal khusus (carter)  seharga Rp. 250.000 aja. Jauh lebih hemat yah

5 Berjemur di Pantai Lovina yang Eksotis

Kenapa saya bilang pantai Lovina ini eksotis? Karena tidak seperti kebanyakan pantai di Bali yang populer seperti Kuta dan Seminyak, pasir di pantai Lovina ini berwarna hitam pekat.

Kalau kamu ingin tanning di bawah sinaran matahari pantai Lovina, kamu boleh kog menggelar kain pantai dan tiduran di pinggir pantai. Sambil baca buku dan ditemani se-kaleng bir pasti bakal bikin liburan-mu makin seru!

6 Mengunjungi Candi Brahmavihara Arama

Untuk kamu yang menyukai arsitektur keagamaan, tidak terlalu jauh dari Pantai Lovina (kurang lebih 11 kilometer) ada sebuah Vihara umat Buddha bernama Candi Brahmavihara Arama.

Sekilas, Vihara ini mengingatkan saya dengan Candi Borobudur namun versi mini.

Di Vihara ini, tinggal biksu Buddha yang menjalankan aktifitas spiritual. Kamu juga bisa bermeditasi disini loh.

Candi Brahmavihara-Arama dekat Pantai Lovina
Photo credit: @sargishka (top), @ruben_strauven (bottom) - Instagram

7 Bermain di Krisna Funtastic Land

Kalau kamu menginap di daerah Lovina, selain liburan di pantai, kamu juga harus pergi ke Disney Land-nya Bali nih. Namanya: Krisna Funtastic Land (KFL).

Taman bermain yang satu ini masih satu perusahaan dengan raja oleh-oleh khas Bali, Krisna Group.

Jarak KFL dari Pantai Lovina tidak terlalu jauh loh, kamu bisa kesini dalam waktu 10 menit aja.

Tiket masuk dan tiket wahana dibedakan disini. Untuk tiket masuk ke Krisna Funtastic Land, kamu cukup membayar Rp. 10 ribu (weekday) atau Rp. 15 ribu (weekend). Namun untuk tiap bermain wahana, kamu harus rela mengeluarkan biaya tambahan sekitar Rp. 8.000 sampai dengan Rp. 20.000 per wahana.

Krisna Funtastic Land dekat Pantai Lovina
Photo credit: @erytriana_iie (Instagram)

Harga Tiket Masuk Pantai Lovina

Tidak ada biaya masuk ke pantai ini, cukup membayar sewa perahu sebesar Rp 100.000,00 per orang jika ingin melihat lumba-lumba. 

Kalau kamu sekalian ingin menyewa peralatan snorkeling untuk mengagumi kehidupan biota bawah laut Pantai Lovina, kamu tinggal tambah lagi Rp. 100.000 aja. Biaya yang masih terbilang murah, bukan?

Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Pantai Lovina

Oleh karena lumba-lumba selalu muncul pada pagi hari, maka sebelum fajar adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke sini.

Karena jarak pantai Lovina dari daerah wisata di Bali Selatan cukup jauh, maka saya menganjurkan agar kamu menginap semalam di Lovina.

Cara Menuju ke Pantai Lovina

Lokasi Pantai Lovina berada di punggung dari Pulau Bali yang berada di daerah paling Utara.

Untuk mengunjungi Pantai Lovina, kamu perlu menempuh jarak kurang lebih 100 kilometer dari daerah Seminyak, Kuta dan Legian. Jika tidak terlalu macet maka kamu bisa sampai di Pantai Lovina dalam kurun waktu 3 jam.

Mau Liburan ke Pantai Lovina

Bagaimana? Apa kah kamu tertarik menikmati keindahan alam dan kelucuan lumba-lumba di Pantai Lovina?

Kalau tertarik, langsung aja kontak LiburanBali.. Pasti seru!!

Pantai Lovina
  • Pemandangan
  • Aktifitas
  • Harga Aktifitas
  • Akses
4.5

Summary

Untuk kamu yang ingin melihat lumba-lumba di laut atau berlibur yang jauh dari pusat keramaian, kamu harus ke Pantai Lovina. Pemandangan disini cukup bagus namun memerlukan waktu yang lumayan lama untuk sampai disini dari Pusat kota.

Bagaimana Menurutmu?

Tentang penulis

Liburan Bali

Liburan Bali bertujuan untuk menginspirasi netizen untuk berlibur ke Bali dengan memberikan tips dan rekomendasi wisata, kuliner dan aktifitas terbaik di Bali.

www.LiburanBali.net