Pura Tanah Lot

Tabanan, Bali

Pura Tanah Lot  merupakan salah satu destinasi tempat wisata di Bali yang wajib kamu kunjungi. Pura yang satu ini memiliki pesona luar biasa yang bisa disejajarkan dengan Candi Borobudur di Jogja ataupun Tembok Cina *tsahh mulai lebai*

Gambar Sunset di Pura Tanah Lot Bali
Pura Tanah Lot terletak di tebing di atas pantai, memberikan keunikan tersendiri bagi pengincar sunset. Photo credit: IG @adiwidya

Namun satu hal tidak bisa dipungkiri, Tanah Lot memiliki salah satu pemandangan sunset terbaik di Bali loh! Coba lihat indahnya warna langit di sore hari di bawah ini. Wow!

Gambar Sunset di Pura Tanah Lot Bali
Photo credit: IG @marthasuherman.captures

Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Pura Tanah Lot

Cuaca yang cerah dan berawan tipis merupakan kondisi paling ideal jika berencana berkunjung kesini. Kamu bisa melihat keindahan sunset bagaikan lukisan deh.

Hindari cuaca mendung atau musim hujan (Oktober sampai dengan Maret) karena selain kamu akan kesulitan melihat sunset, ombak air laut pun akan dalam kondisi yang tidak kondusif untuk kamu menyambangi ‘Tanah Lot Temple’ yang tersohor ini.

Kami menyarankan agar kamu stand by di lokasi paling tidak mulai jam 5 sore, sehingga ada waktu menikmati suasana sebelum dan saat sunset.

Gambar Sunset di Pura Tanah Lot Bali
Durasi sunset di Pura Tanah Lot cukup cepat berlalu, pastikan kamu tidak kesorean sampai disini yah. Photo credit: IG @nnesvadba

Sejarah Singkat: Sang Ular Suci

Menurut legenda yang beredar di sekitar penduduk Beraban (lokasi Pura Tanah Lot), pada abad ke 15 desa mereka di singahi oleh seorang pertapa bernama Dang Hyang Nirartha. Namun kedatangan beliau di tentang keras oleh penguasa desa pada saat itu karena sang Dang Hyang ditakutkan akan menyebarkan ajaran Hindu kepada masyarakat setempat.

Singkat cerita, Dang Hyang Nirartha diyakini melakukan sebuah mukjizat dengan memindahkan bongkahan tanah raksasa tempat ia bertapa, dari daratan ke pinggir pantai. Mulai saat itu, sang penguasa mulai mengakui kesaktian Dang Hyang Nirartha.

Sebelum meninggalkan Beraban, beliau mewariskan sebuah keris dan selendang yang di percaya akan menghilangkan segala wabah penyakit tanaman, sehingga akan mensejahterakan rakyat setempat. Mulai saat itu, warga setempat menikmati peningkatan pada panen, sehingga mulai saat itu, di atas tanah yang di pindahkan ke pinggir pantai itu didirikan sebuah pura yang sekarang dinamakan Tanah Lot. Selendang yang ditinggalkan juga dipercaya bertransformasi menjadi ular suci yang menjaga kesucian pura ini.

Gambar ular suci tanah lot berwarna hitam putih
Konon katanya, menyentuh ular hitam putih yang tinggal di Pura Tanah Lot, akan mendatangkan banyak rejeki. Berani nyoba? Photo credit: IG @miezfy

Daftar Harga Tiket Masuk Pura Tanah Lot untuk Wisatawan Domestik

Untuk berkunjung, kamu diharuskan membayar retribusi parkir dan tiket masuk, sebagai berikut:

Kategori Harga Tiket Masuk
Dewasa Rp. 20.000 / Orang
Anak-anak Rp. 15.000 / Orang
Parkir Sepeda Motor Rp. 2.000 / Motor
Parkir Mobil Rp. 5.000 / Mobil
Parkir Bus Rp. 10.000 / Bus

Keterangan:

  • Harga di update tanggal 01 Januari 2018.
  • Perubahan harga tiket masuk dan biaya parkir kendaraan dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.
  • Kami akan selalu berupaya mengupdate biaya tiket masuk jika ada perubahan harga.
  • Harga tiket masuk hanya berlaku untuk Warga Negara Indonesia (WNI).

Cara Menuju Pura Tanah Lot

Sebenarnya ada beberapa rute yang bisa ditempuh, namun kami sarankan kamu menyediakan waktu 1,5 – 2 jam di jalan (karena sering macet)

Berikut ini adalah beberapa rute alternatif:

  • Kuta, Seminyak dan Legian:

    By Pass Ngurah Rai > Sunset Road > Kerobokan > Raya Canggu > By Pass Munggu > Raya Tanah Lot > Pura Tanah Lot

  • Pelabuhan Gilimanuk:

    Gilimanuk > Negara > Tabanan > Mengwi > Kediri > Raya Tanah Lot > Pura Tanah Lot

  • Pelabuhan Padangbai:

    Raya Padangbai > By Pass Ida Bagus Mantra > Padang Galak > Gatot Subroto > Kerobokan > Raya Canggu > By Pass Munggu > Raya Tanah Lot > Pura Tanah Lot

Tempat Makan Dekat Pura Tanah Lot

1. Pedagang Makanan Setempat

Sebenarnya, di luar area Pura Tanah Lot terdapat banyak sekali pedagang makanan dimana kamu bisa menikmati masakan tradisional maupun makanan ringan sambil di temani indahnya panorama sunset yang memukau.

2. Warung Mandala Tanah Lot

Walaupun tidak bisa menikmati indahnya pura secara langsung, namun disini kamu bisa menikmati makan malam dipinggir laut dengan pemandangan sunset yang dijamin bikin dinner kamu jadi super romantis.

Hotel Dekat Pura Tanah Lot

Kedungu Surf Camp Tanah Lot

Kedungu Surf Camp

  • Jalan Tri Kahyangan 99
  • 9.2/10 (Booking.com)
Gambar Interior Villa Puspa Tanah Lot Bali

Villa Puspa Tanah Lot

  • Jalan Pantai Kedungu
  • 9.0/10 (Booking.com)
kryamaha villa dekat tanah lot

The Kryamaha Villas

  • Jalan Nyanyi
  • 9.2/10 (Booking.com)
De Moksha Hotel dekat Pura Tanah Lot

De Moksha Boutique Resort

  • Jalan Benuo
  • 9.1/10 (Booking.com)
cokelat guest house dekat pura tanah lot

Cokelat Guest House

  • Jalan By Pass Tanah Lot
  • 9.5/10 (Booking.com)

Bagaimana Menurutmu?

Tentang penulis

Liburan Bali

Liburan Bali bertujuan untuk menginspirasi netizen untuk berlibur ke Bali dengan memberikan tips dan rekomendasi wisata, kuliner dan aktifitas terbaik di Bali.

www.LiburanBali.net

Tinggalkan komentar