Jika ini adalah liburan pertama kalian bersama anak-anak, kalian pasti cukup cemas dan khawatir. Jangan takut, karena liburan bersama anak-anak bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan dan meghadirkan momen yang berharga ketika mereka sudah beranjak dewasa.

Saat liburan bersama anak, yang terpenting adalah untuk selalu mementingkan kebutuhan mereka dan sediakan banyak waktu istrihat bagi mereka. Jika terlalu lelah, anak-anak biasanya menjadi rewel dan susah di atur. Berikut ini adalah 11 Tips Liburan Bersama Anak Menjadi Lebih Nyaman!

11 Tips Liburan Bersama Anak

1. Pelan-pelan Saja

Tentunya sekarang kalian sudah memiliki anak, pengalaman liburanmu akan berubah 360 derajat! Dulunya kalian bisa pergi mengelilingi spot spot liburan sebanyak dan secepat mungkin. Namun bersama anak-anak, kami anjurkan kalian tidak memasukan terlalu banyak jadwal ke dalam itenerary. Semakin sedikit yang kalian jadwalkan, kami yakin liburanmu akan terasa semakin menyenangkan.

Liburan Bersama Anak-Anak

Sebagai acuan, jadwalkan liburanmu senyaman mungkin bagi buah hatimu yang paling kecil. Jika mereka memerlukan waktu tidur siang, maka pastikan kalian telah memasukan jadwal tidur siang pada itenerarymu yah!

2. Diskusikan bersama Anak

Ketika hendak merancang jadwal perjalanan kalian, coba ajak anak-anak ikut serta dalam diskusi ini. Melalui diskusi tersebut kamu bisa mengetahui kegiatan apa saja yang di sukai oleh buah hatimu dan tentunya bisa mengatur destinasi mana saja yang perlu kalian datangi sehingga membuat liburan kalian lebih menyenangkan.

Ibu dan anak sedang berdiskusi

Diskusikan rencana perjalananmu bersama sang buah hati. via ses.sch.id

Berikut ini adalah beberapa ide aktivitas anak-anak di Bali yang bisa kalian lakukan.

3. Bepergian saat Low Season

Kamu pasti tau jika traveling saat low season (antara bulan Februari sampai Mei dan Agustus sampai November), harga hotel maupun tiket pesawat tergolong murah. Tentunya, ini menjadi tantangan tersendiri ketika anak-anak sudah beranjak masuk ke sekolah. Jangan pergi berlibur di hari liburan sekolah, untuk menghindari liburan yang penuh dengan kemacetan yang akan memicu anak-anak menjadi rewel.

Booking tiket pesawat dan kamar hotel

Rencanakan jauh hari untuk booking tiket dan kamar hotel agar mendapatkan harga terbaik.

Tips:

  • Pertimbangkan untuk mengambil cuti kerja dan izin anak-anak dari sekolah pada hari biasa pada saat low season untuk mendapatkan pengalaman liburan yang lebih nyaman dan hemat.
  • Gunakan website seperti Tiket.com untuk booking tiket pesawat dan Agoda.com untuk booking kamar dengan harga terbaik.
  • Daftarkan emailmu pada newsletter kedua website di atas, mereka akan sering mengirimkan kamu exclusive offer untuk member mereka

4. Bawa Keperluan Secukupnya

Upayakan untuk selalu meringkas barang yang kamu bawa. Ingat satu peraturan ini: Jika kamu bisa membeli barang tersebut di supermarket di tempat tujuanmu, maka bawa seperlunya saja. (Ini berlaku untuk barang seperti pampers bayi, biskuit, dll).

Anak-anak packing

Libatkan anak-anak dalam aktivitas packing

Libatkan anak-anak dalam kegiatan packing. Selain mengajarkan mereka untuk lebih bertanggung jawab, ini akan menghindari mereka dari rewel dengan pilihan pakaian yang akan mereka kenakan selama liburan. Ijinkan juga mereka membawa salah satu mainan yang mereka suka sebagai pengalih kebosanan mereka selama di jalan nanti.

Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan seperti obat sakit kepala, perut, tetes luka dan plaster luka, dan paling penting adalah obat gosok dan lotion anti nyamuk!

5. Tips Memilih Hotel

Lokasi, lokasi, lokasi – Pilihlah hotel yang berada di tengah pusat tujuan wisata seperti pantai, tempat bermain anak-anak, restoran dan pusat perbelanjaan. Walaupun mungkin kamu harus membayar harga kamar yang lebih mahal, namun kamu bisa berhemat waktu dan anak-anak tidak akan bosan karena banyak tempat hiburan yang bisa di kunjungi.

Memilih hotel

Selalu cermat untuk memilih hotel yang tepat untuk keluargamu

Kolam renang – anak-anak sangat menyukai kolam renang, apalagi jika di sana mereka menyediakan seluncuran (slide) dan air terjun

Lift – Pastikan hotel yang kamu tempati memiliki lift, karena kamu akan membawa dorongan bayi.

Ranjang Bayi – Hampir di setiap hotel yang kami pernah tempati, mereka selalu memiliki ranjang bayi untuk di sewa. Mintalah jika kamu memerlukannya.

TV Channel – Pastikan juga hotel tempat kamu menginap memiliki saluran chanel anak-anak yang bisa membuat mereka sibuk selama kamu beristirahat di kamar.

Bathtub – Jika hotel memiliki bathtub, ajak anak-anak menikmati pengalaman mandi busa. Tuangkan botol berisi sabun yang biasa di sediakan oleh hotel ke dalam bak penuh air!

Laundry – Tanyakan apakah hotel juga memiliki jasa laundry. Kamu juga akan memerlukannya jika kamu berencana berlibur lebih dari 3 hari.

Apartment – Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menginap di Apartment, yang mana biasanya memiliki konfigurasi kamar lebih dari satu dan memiliki dapur dan ruang tamu pribadi. Fasilitas yang lengkap ala rumah pribadi ini akan membuat liburan keluargamu lebih nyaman.

6. Tips Makan Hemat

Biaya makanan bisa menjadi salah satu pengeluaran terbesar saat berlibur bersama keluarga. Berikut beberapa tips untuk menjaga budget makananmu.

Breakfast Gratis – Ketika memesan kamar hotel, pastikan harga yang tercantum sudah termasuk makan pagi dan tanyakan apakah policy mereka memperbolehkan anak-anak di bawah umur 12 tahun untuk menikmati breakfast gratis juga.

Bawa Bekal Sendiri – Jika hotel atau apartmentmu memiliki dapur dan kulkas pribadi, kamu mungkin mau mempertimbangkan untuk memasak bekal makanan selama liburan.

Jangan makan di tempat ramai Turis – Jauhi makan di tempat-tempat yang ramai oleh turis (sudah punya nama), karena selain mahal, anak-anak bisa tidak betah di suruh menunggu terlalu ramai.

anak menunggu makanan

Hindari restoran yang ramai oleh turis, karena anak-anak bisa bosan menunggu makanan datang

Pergi Brunch – Kalian bisa menikmati makan 2 kali sehari yaitu Brunch dan Dinner, selain bisa berhemat kalian akan tetap merasa kenyang selama liburan. Berikut ini adalah tempat-tempat brunch yang kami rekomendasikan di Bali.

7. Rencanakan Liburanmu

Meninggalkan rencana liburanmu pada detik detik terakhir sebelum berlibur bisa berakibat fatal. Harga kamar hotel dan tiket pesawat yang biasanya naik mendekati tanggal keberangkatan.

Rencanakan Liburanmu Jauh Jauh Hari

Mungkin saat kamu masih berlibur berdua, kamu bisa booking last minute untuk akomodasi. Namun dengan membawa anak-anak, kamu tidak akan mau mengajak mereka mencari penginapan yang kosong bukan? Paling tidak kamu harus sudah booking 2 sampai 3 malam pertama liburanmu, dengan begitu kamu masih bisa mencari penginapan berikutnya dengan lebih santai.

Jadwalkan juga kegiatanmu selama 2 hari pertama di kota tujuan, kamu tidak mau anak-anak rewel kebosanan di kamar bukan?

8. Konsultasi dengan Dokter

Jika buah hatimu memiliki kondisi khusus atau alergi tertentu, pastikan kamu sempatkan diri untuk berkonsultasi dengan dokter anak. Beritahukan mereka tentang rencana liburanmu dan tanyakan apa saja persiapan yang harus kamu lengkapi sebelum berangkat. Jika perlu, tanyakan juga referensi dokter khusus untuk kondisi anakmu di tempat tujuanmu nanti.

Konsultasi Dokter Anak Sebelum Liburan

9. Belajar saat Berlibur

Sempatkan waktu saat berlibur untuk mencoba sesuatu yang baru di mana kamu dan anak-anak bisa belajar hal yang baru bersama. Selain memupuk kreativitas dan mengasah keahlian anak-anak, kalian dapat menikmati waktu yang berkualitas bersama. Coba untuk pergi memancing untuk pertama kalinya, atau bangun tenda bersama saat berkemah.

anak laki sedang memancing

Ajak buah hatimu untuk belajar keakhlian baru saat liburan seperti memancing. Photo credit: mychamplain.net

Kegiatan belajar hal baru ini akan menghadirkan memori yang tidak terlupakan, dan juga anak-anak bakal memiliki cerita yang seru untuk di tuliskan pada hari pertama mereka kembali masuk sekolah (contoh: saat Pelajaran Bahasa Indonesia: Tuliskan Cerita Liburanmu Kemarin)

10. Tips Naik Pesawat Bersama Anak-Anak

Semua orang pasti pernah merasakan betapa menyebalkannya anak-anak kalau sedang rewel di pesawat. Mereka akan menangis ataupun berteriak histeris. Ada 3 faktor yang menyebabkan tingkah tersebut: capek, bosan dan lapar.

Tips Naik Pesawat Bersama Anak-Anak

  • Berikan bayi-mu susu botol maupun ASI saat pesawat sedang tinggal landas. Ini membantu untuk mencegah telingga mereka tertutup ketika terjadi perubahan tekanan udara.
  • Siapkan mainan favorit mereka ataupun buku mewarnai untuk membuat anak-anak sibuk dan tidak kebosanan
  • Jika kalian terbang malam hari, tidurkan anak-anak seperti biasa kalian menidurkan mereka di rumah. Pakaikan piyama favorit mereka, selimut, bacakan cerita dongeng dan taruh mainan kesayangan di samping mereka.
  • Sebelum mendarat, pastikan kamu sudah mengajak mereka ke kamar mandi dan memberikan mereka makanan. Kamu pasti tidak mau anak-anak rewel ketika sedang menunggu bagasi maupun melewati imigrasi.
  • Jika kamu membawa bayi, pastikan untuk check in lebih awal dan minta agar pramugari menyiapkan tempat tidur bayi di depan tempat duduk-mu. Biasanya pesawat non-budget akan bersedia membantumu.

11. Selalu Bersikap Positif di Setiap Masalah

Walaupun kalian telah mempersiapkan liburan sebaik mungkin, ada kalanya terjadi masalah yang di luar prediksi kita seperti delay pesawat atau pun anak tiba-tiba sakit. Selalu positif dan berikan contoh yang baik kepada buah hati kalian. Mereka akan tumbuh mengikuti sikap positif yang kalian tanamkan sedari dini.

Liburan Bersama Anak-Anak

Sudah siap Liburan bersama Anak-Anak?

Kami harap tips di atas bisa memberikan sedikit pedoman kepada keluarga kecil kalian untuk bisa lebih menikmati liburan sebagai keluarga. Mungkin kamu punya tips lain yang belum kami bahas di atas? Tinggalkan tips-tips yang telah kalian dapatkan dari berlibur sebelumnya di komen di bawah yah! Happy holiday!

Follow Facebook kita yah!

Bagaimana Menurutmu?

BACA JUGA:
48 Hours in Seminyak: Where to Stay, Eat, Shop & Play

Tentang penulis

Liburan Bali

Liburan Bali bertujuan untuk menginspirasi netizen untuk berlibur ke Bali dengan memberikan tips dan rekomendasi wisata, kuliner dan aktifitas terbaik di Bali.

www.LiburanBali.net

Tinggalkan komentar